Tips Jitu Mendidik Anak yang Baik dan Positif

Semua orangtua pastinya ingin jika anak-anaknya bisa jadi orang yang berguna dan bisa berbakti pada kedua orangtuanya, agama, maupun Negara. Dan sudah jadi suatu kewajiban bagi setiap orangtua untuk mendidik anaknya agar jika dia besar nanti anak tersebut sesuai dengan harapan orangtuanya. Untuk itulah, kira-kira apa sih yang harus Anda lakukan agar anak Anda memiliki sikap yang baik dan positif? Simak ulasan berikut ini dulu yuk.

Tips Jitu Mendidik Anak yang Baik dan Positif
Tips Jitu Mendidik Anak yang Baik dan Positif

Tips jitu mendidik anak yang baik dan positif

Tips yang pertama adalah dengan mendisiplinkan anak dengan hormat. Ajak anak Anda turut bertanggung jawab atas tugas rutin di rumah. Anak yang senantiasa dilibatkan ke dalam tugas rutin di rumah di saat dia masih berusia dini, maka dewasannya nanti akan mempunyai rasa tanggung jawab yang lebih besar lagi. Apabila anak Anda memang melakukan sebuah kesalahan, maka Anda bisa memperbaiki kesalahannya dengan cara yang lembut, akan tetapi Anda harus tetap konsisten. Beri konsekuensi yang wajar dari kesalahan yang anak Anda buat dengan tujuan untuk ajarkan atau didik dia bertanggung jawab.

Setelah itu, ajak anak Anda ke sebuah tempat yang sepi untuk berbicara hanya empat mata dengan Anda. Beri pengertian secara jelas kenapa tidakan yang dia lakukan salah. Minta kepada anak Anda untuk meminta maaf jika dia memang berbuat salah. Anda pun juga harus meminta maaf pada anak disaat Anda bersalah. Anda bisa mendisiplinkan anak tanpa harus menunjukkan kuasa dan juga kemarahan Anda, sehingga anak Anda pun akan belajar dengan pengendalian diri yang tinggi.

Tips lainnya adalah dengan memberikan ruang bagi anak Anda untuk lakukan kesalahan. Ingat, bahwasannya setiap orang, apalagi anak, juga memiliki hak untuk lakukan kesalahan. Kesalahan adalah suatu bentuk dari proses pembelajaran. Temukan kebaikan di setiap kesalahan yang telah dia lakukan, sehingga anak Anda pun nantinya akan belajar unutk lebih berani dalam berjuang hadapi tantangan dan juga resiko.

Penting sekali bagi Anda untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, tanggung jawab, dan juga semangat saling membantu pada diri anak Anda. Tunjukan saja dalam keseharian Anda tentang bagaimana Anda selalu bisa konsiste dengan nilai-nilai tersebut. Lalu libatkan anak Anda dalam kegiatan social yang Anda lakukan. Sehingga nantinya anak Anda akan tumbuh dengan karakter yang positif di dalam dirinya. Dan yang terakhir adalah fokus perhatian Anda kepada hal yang berjalan benar, yang demikian ini bertujuan agar anak Anda bisa belajar jadi pribadi yang optimis dan juga selalu bersyukur di setiap harinya.

Demikian informasi tentang tips jitu mendidik anak yang baik dan positif yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com

Posted on: September 11, 2018, by :