Tahapan Pengerjaan SM-SIAKAD

Tahapan Pengerjaan SM-SIAKAD

Tahapan Pengerjaan SM-SIAKAD

Tahapan Pengerjaan SM-SIAKAD
Tahapan Pengerjaan SM-SIAKAD

Fase yang digunakan dalam pengerjaan proyek adalah sebagai berikut:

  1. Preliminary Investigation Phase

Tahapan ini bertujuan untuk melakukan wawancara dan survei untuk mengetahui seberapa besar ruang lingkup proyek yang akan dilaksanakan serta membuat perkiraan biaya serta jadwalpengembangan proyek.

  1. Problem Analysis Phase

Tahapan analisa berguna untuk melakukan studi dan analisa terhadap sistem yang telah ada (sistem lama). Mengumpulkan informasi dari sistem yang telah ada mengenai permasalahannya, penyebab adanya masalah serta efek dari permasalahan yang ada.

  1. Requirement Analysis Phase

Tahapan ini berfungsi untuk mencari tahu apa saja yang dibutuhkan atau diinginkan oleh sistem yang baru. Mengidentifikasi data, proses serta tampilan antarmuka yang diperlukan untuk sistem baru.

  1. Decision Analysis Phase

Tahapan ini bertujuan untuk melakukan identifikasi terhadap beberapa kandidat dari solusi yang akan diajukan, menganalisa kelayakan kandidat-kandidat tersebut serta merekomendasikan kandidat yang layak sebagai solusi dari sistem. Kandidat tersebut dievaluasi dengan kriteria technical feasibility, operational feasibility, economic feasibility, schedule feasibility, dan risk feasibility.

  1. Design Phase

Tahapan ini berguna untuk melakukan perubahan dari proses bisnis serta requirement dari tahapan analisa menjadi desain yang dibutuhkan untuk membangun sistem.

  1. Construction Phase

Tahapan ini melakukan dua hal yaitu: membuat sistem dan melakukan testing terhadap sistem yang memenuhi requirement dan spesifikasi desain, serta melakukan penyesuaian terhadap proses bisnis yang sedang berjalan dengan proses bisnis baru yang sedang dikembangkan. Bagian akhir dari fase ini adalah pembuatan dokumentasi.

  1. Implementation Phase

Tahapan ini melakukan implementasi sistem agar sistem dapat beroperasi serta perpindahan sistem secara perlahan. Tahapan ini juga mencakup pelatihan pengguna.

Baca Artikel Lainnya:

Posted on: January 12, 2019, by :