BI dan Perbankan Gelar Kampanye GPN

BI dan Perbankan Gelar Kampanye GPN

BI dan Perbankan Gelar Kampanye GPN
BI dan Perbankan Gelar Kampanye GPN

BANDUNG – Bank Indonesia bersama perbankan akan menggelar kampanye Gerbang

Pembayaran Nasional (GPN) dengan kegiatan pekan penukaran kartu berlogo GPN di 17 titik di seluruh nusantara yang sekaligus mewakili tanggal Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Kampanye diselenggarakan secara serentak pada hari Minggu (29/08) yang dilanjutkan dengan kegiatan penukaran kartu pada 30 Juli  s.d. 3 Agustus 2018 untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat menukarkan kartu ATM/Debet bank yang dimilikinya menjadi kartu berlogo GPN.

Khusus di Jawa Barat kampanye GPN dilakukan pada hari ini, Sabtu (28/07), kemarin bersamaan dengan pembukaan Pekan Olahraga dan Kesenian Perbankan (PORSEBANK) yang bekerjasama dengan Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD).

Kepala Grup Advisory dan Pengembangan Ekonomi Kantor Perwakilan Bank Indonesia

Jawa Barat Ismet Inono mengharapkan, dengan program ini masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu untuk bertransaksi dan infrastruktur pemrosesan pembayaran (EDC) dapat disebar lebih merata tidak hanya di kota-kota besar yang pada akhirnya akan meningkatkan efisiensi waktu dan biaya.

“Sesuai dengan tema kampanye “GPN Pemersatu Transaksi Pembayaran Nasional”, dengan adanya GPN masyarakat tidak perlu lagi memiliki banyak kartu untuk bertransaksi,” katanya.

Selain itu, menurut Ismet, dengan GPN masyarakat tidak perlu kuatir mengenai keamanan data karena seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik (ATM Bersama, Prima, Alto, dan Link).

“Dengan GPN masyarakat juga dapat menikmati biaya administrasi yang lebih murah karena

seluruh pemrosesan dilakukan di domestik dan bank tidak dikenakan biaya lisensi logo,” tuturnya.

Untuk di wilayah Jabar, kegiatan kampanye GPN dan penukaran kartu akan dilakukan selama satu minggu mulai tanggal 28 Juli – 3 Agustus 2018 di 22 tempat diantaranya Car Free Day Dago di halaman parkir BCA Dago, berbagai kampus seperti Universitas Parahyangan, Universitas Padjajaran, Intitut Teknologi Bandung, kantor pemerintahan seperti Dinas Pariwisata, Dinas Bina Marga, Bea Cukai, Kementerian Agama dan beberapa tempat lainya. Kegiatan tersebut akan bekerjasama dengan 16 bank yaitu BCA, BJB, BJB Syariah, BNI, BNI Syariah, BNP, BRI, BSM, BTN, Bukopin, Citibank, Danamon, Mandiri, Mandiri Taspen, OCBC NISP, dan Woori Saudara.

 

Sumber :

http://blog.ub.ac.id/petrusarjuna/buku-tentang-tumbuhan-paku/

Posted on: April 15, 2019, by :