Mengenal Tentang Seleksi Alam Melalui Proses Predasi

Mengenal Tentang Seleksi Alam Melalui Proses Predasi

Mengenal Tentang Seleksi Alam Melalui Proses Predasi

Mengenal Tentang Seleksi Alam Melalui Proses Predasi
Mengenal Tentang Seleksi Alam Melalui Proses Predasi

Latar Belakang

Keanekaragaman hayati makhluk hidup yang menghuni bumi diyakini berasal dari nenek moyang yang sama. Dari pernyataan diatas terbukti bahwa adanya proses evolusi sepanjang sejarah kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Evolusi merupakan perubahan sifat sifat yang diwariskan suatu organisme dari satu generasi ke generasi berikutnya dan berlangsung secara bertahap dalam jangka waktu yang lama.

Dalam kata perubahan juga terkandung makna lain yakni : perubahan yang mengarah ke semakin banyak ragam (perubahan progresif) dan perubahan yang mengarah ke kepunahan (perubahan retrogresif). Perubahan perubahan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti rekombinasi gen, mutasi, isolasi genetik, aliran gen, dan seleksi alam.

Kondisi alam selalu berubah dari waktu ke waktu sehingga memaksa makhluk hidup menyesuaikan diri terhadap perubahan alam. Organisme yang tidak dapat menyesuaikan diri terhadap perubahan alam akan punah, sedangkan yang mampu akan tetap bertahan hidup bila bisa menyesuaikan dirinya dan berkembang biak. Keadaan ini disebut pula dengan seleksi alam.

Dari penjelasan diatas diketahui bahwa seleksi alam adalah salah satu faktor pendorong terjadinya evolusi. Maka dari itu dalam praktikum ini akan dilakukan praktik simulasi seleksi alam dengan melalui proses predasi.

Tujuan

Praktikum ini dilakukan dengan tujuan untuk mempelajari faktor pendukung evolusi yang berupa seleksi alam melalui proses predasi.

Dasar Teori

Evolusi adalah suatu perubahan yang dinyatakan bahwa seluruh makhluk hidup diturunkan dengan modifikasi dari organisme nenek moyang dalam proses perubahan adaptif yang lama. Perubahan yang terjadi menghasilkan organisme yang telah punah maupun bentuk bentuk kehidupan yang beraneka ragam yang ada saat ini. Evolusi juga dapat menjabarkan sifat sifat interaksi antar organisme lain dan interaksi antara organisme dengan lingkungannya. Dengan mempelajari evolusi dapat menghadirkan sebuah narasi yang menempatkan makhluk makhluk hidup dalam perspektif sejarah dan mempelajari keanekaragaman organisme yang hidup di jaman sekarang (Biggs, 2004).

Menurut Ernest Mayt, Darwin telah mengajukan lima teori untuk perihal evolusi yakni :

  1. Kehidupan tetap tidak sama sejak awal keberadaanya
  2. Kesamaan leluhur bagi seluruh makhluk hidup
  3. Evolusi bersifat gradular (berangsur angsur)
  4. Terjadi pertambahan spesies dan percabangan garis keturunan
  5. Seleksi alam merupakan mekanisme evolusi (Kimball, 1994).

 

Sebagian besar spesies heterotrofik mendapatkan makanan dengan memangsa organisme lain. Walaupun terdapat pengecualian, sebagian besar pemangsa (predator) lebih besar dari mangsa yang dimakannya. Hubungan mereka dengan mangsa biasanya bersifat sementara, yaitu hanya jangka waktu yang diperlukan untuk memakannya atau sebagian dari padanya (Campbell, 2006).

Alat dan Bahan

  • Patok
  • Tali rafia
  • Perporator
  • Kertas manila warna warni


Cara Kerja

  1. Buat potongan kertas dengan perporator 100 buah
  2. Potongan kertas tersebut pada nomor 1, dimasukkan kedalam tempat yang sama
  3. Buat kuadran 1 X 1 M
  4. Taburkan kertas pada nomor 2, kedalam kuadran pada nomor 3
  5. Ambil potongan yang telah ditaburkan pada nomor 4
  6. Hitung kertas yang telah diambil

 

Baca Artikel Lainnya:

Posted on: April 23, 2019, by :