Stratigrafi Pulau Sulawesi

Stratigrafi Pulau Sulawesi

 Stratigrafi Pulau Sulawesi

 Stratigrafi Pulau Sulawesi
Stratigrafi Pulau Sulawesi

Urut-urutan stratigrafi dari muda hingga tua sebagai berikut :

  1. Endapan alluvium,
  2. Endapan teras (Kuarter),
  3. Batuan tufa (Pliosen – Kuarter),
  4. Batuan sedimen termetamorfose rendah dan batuan malihan yang keduanya termasuk Formasi Tinombo (Kapur Atas – Eosen Bawah),
  5. Batuan gunungapi (Kapur Atas – Oligosen Bawah) yang menjemari dengan Formasi Tinombo,
  6. Batuan intrusi granit (Miosen Tengah – Miosen Atas) ditemukan menerobos batuan malihan Formasi Tinombo.

Tatanan geologi P. Banggai dan P. Labobo disusun oleh 7 satuan batuan

yang dikelompokkan dari satuan tertua hingga muda sebagai berikut :

  1. Kompleks batuan malihan adalah satuan batuan tertua yang terdiri dari sekis, gneis dan kuarsit berwarna kelabu dan kehijauan, berumur Karbon.
  2. Granit Banggai yang terdiri dari granit, granodorit, diorit kuarsa dan pegmatit. Bentang alam satuan batuan granit ini memperlihatkan bentuk morfologi bergelombang dengan permukaan relatif halus membulat.
  3. Sedimen Formasi Bobong (Jbs). Satuan batuan konglomerat dan batu pasir yang diendapkan tidak selaras diatas Granit, Formasi ini diduga berumur Jura Awal sampai Jura Tengah.
  4. Batu gamping klastik, berwarna putih bersih hingga kotor kecoklatan, ukuran butir pasiran (relatif seragam) sebagai kalkarenit hingga kalsirudit. Dari kumpulan fosil yang dikandungnya, berumur dari Eosen sampai Miosen Tengah, tersebar luas dan hampir terdapat di seluruh P. Banggai.
  5. Batugamping Salodik (Tems) Adalah batugamping fragmen dengan ukuran FormasiTems).
  6. Batugamping terumbu Formasi Peleng (QL): Endapan batuan berumur kuarter yang penyebaran tidak merata, sebagian berupa batugamping konglomeratan, berwarna putih kotor hingga kecoklatan, setempat berongga-rongga, tidak berlapisdan keras.

 

Aluvium:

Satuan batuan termuda daerah ini adalah, terdiri atas lumpur, lempung, pasir dan kerikil, berupa endapan permukaan sungai dan di sekitar pantai, diantaranya terdapat di pantai Lambako-Pasir putih yang merupakan muara Sungai Selangat dan Paisu M.

Baca Juga : 

Posted on: April 29, 2019, by :