Pengertian Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah

Pengertian Zakat Fitrah
Pengertian Zakat Fitrah

 

Dalam agama Islam, zakat fitrah diartikan

sebagai zakat yang wajib dilaksanakan bagi setiap umat beragama Islam (muslim) terlepas dari ukuran kekayaannya, jenis kelaminnya, umurnya serta dari status atau posisinya dalam masyarakat. Setiap umat muslim wajib untuk mengeluarkan sebagian dari makanan pokok menurut syari’at agama islam setelah mengerjakan puasa bulan Ramadhan setiap tahun.
Seperti pada ayat dibawah ini

Sungguh, orang-orang yang beriman, mengerjakan kebajikan, melaksanakan salat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala disi Tuhannya…..(Al Baqarah : 276)

Sehingga sudah jelas dan terang bahwa jika kita memang beriman kepada Allah Swt, maka sudah sepantasnya kita menunaikan zakat khususnya zakat fitrah.

Ketentuan dan Hukum Zakat Fitrah

Hukum dan ketentuan zakat fitrah adalah wajib dengan ketentuan sebagai berikut:

a. Syarat Zakat Fitrah
Zakat fitrah memiliki beberapa syarat sebagai berikut:
  • Beragama Islam. Untuk melaksanakan zakat fitrah, eseorang haruslah beragama Islam. Dikatakan beragama Islam apabila dia telah mengakui dirinya sebagai Islam atau lahir dari orang tua beragama Islam.
  • Memiliki harta atau sesuatu yang lebih dari keperluan (dalam kadar kecukupan) diri sendiri dan keluarga dan memiliki sesuatu yang berlebih dari orang lain yang ditanggung nafkahnya untuk waktu satu hari siang dan malam hari Raya itu.
  • Syarat zakat fitrah yang ketiga adalah dapat menemui dua masa akhir yaitu akhir Ramadhan dan awal syawal. Orang yang meninggal dunia sebelum terbenam matahari atau anak yang lahir setelah matahari tenggelam pada malam satu syawal tidak diwajibkan atas zakat fitrah.

 

b. Kewajiban Zakat Fitrah

Kewajiban zakat fitrah memiliki beberapa ketentuan yaitu :
  • Ketua keluarga wajib membayar zakat fitrah untuk dirinya dan juga tanggungannya.
  • Jika salah satu dari tanggungannya meninggal dalam bulan puasa, maka orang itu terlepas daripada membayar zakat fitrah

c. Siapa Saja yang wajib membayar zakat fitrah

Zakat fitrah hukumnya wajib dibayar oleh seluruh Umat Muslim terlepas dari jabatannya, umurnya, ras dan segala pembedannya.
Posted on: June 17, 2019, by :