Hari Santri Pun Dirayakan Di Tunisia

Hari Santri Pun Dirayakan Di Tunisia

Hari Santri Pun Dirayakan Di Tunisia

Hari Santri Pun Dirayakan Di Tunisia
Hari Santri Pun Dirayakan Di Tunisia

Hari Santri Nasional merupakan momentum penting untuk mengingat kesetiaan serta komitmen santri

dan ulama dalam membela dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia. Perjuangan melawan kolonialisme dan imperialisme di Indonesia juga dimonitori oleh ulama dan santri dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 22 Oktober 2017, Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Tunisia mengadakan diskusi ilmiah di Sekretariat PPI Tunisia. Acara yang dimulai pukul 14.00 CET itu mengundang antusias para mahasiswa untuk hadir.

Diskusi kali ini mengusung tema ’’Integrasi Disiplin-Disiplin Ilmu dalam Pandangan Ibnu Khaldun,

Teori Pengetahuan’’ yang dibawakan langsung oleh Dr Ramadhan Barhoumy, salah satu Dosen Universitas Ezzitouna, Tunisia

Dalam kesempatan tersebut, Ramadhan mengaku sangat senang sekali dapat berjumpa dengan mahasiswa Indonesia yang belajar di Universitas Zaitunah. Ini adalah kali kedua dirinya menjadi pemateri dalam diskusi PPI Tunisia.

Dalam dialog Ibnu Khaldun itu, Dr Barhoumy menjelaskan terlebih dahulu tentang biografi singkat sang tokoh

. Ramadhan mengungkapkan, semasa hidup, Ibnu Khaldun banyak melakukan rihlah atau perjalanan ke berbagai belahan di dunia Islam

’’Setidaknya terdapat dua faktor penting yang menyebabkan sang penulis kitab Muqoddimah itu menjalani hidupnya dengan cara berpindah-pindah tempat,’’ paparnya

Yang pertama adalah faktor internal, yaitu kehausan akan ilmu dan pengalaman. Yang kedua adalah faktor eksternal, yaitu kondisi politik dan respon ulama di sekitarnya terhadap Ibnu Khaldun. Dosen dalam bidang ilmu kalam dan aqidah itu juga mengingatkan “Anak Zaituni patut mengetahui tentang karangan dan pemikiran Ibnu Khaldun, terutama pelajar Asia, karena negara kalian adalah salah satu pusat penyebaran islam di Asia,’’ tuturnya. (*)

 

Sumber :

http://www.disdikbud.lampungprov.go.id/perencanaan/jenis-jenis-kata.html

Posted on: July 4, 2019, by :