Hadapi Perubahan Zaman, Pekerja Harus Punya Spirit of Curiosity

Hadapi Perubahan Zaman, Pekerja Harus Punya Spirit of Curiosity

Hadapi Perubahan Zaman, Pekerja Harus Punya Spirit of Curiosity

Hadapi Perubahan Zaman, Pekerja Harus Punya Spirit of Curiosity
Hadapi Perubahan Zaman, Pekerja Harus Punya Spirit of Curiosity

Presiden Direktur PT Indonesia Ferry Property, Muhammad Riza Perdana Kusuma mengatakan

para pekerja khususnya yang baru lulus kuliah agar tetap mempunyai spirit of curiosity atau semangat keingintahuan dalam menghadapi perubahan zaman. Perkembangan zaman membuat banyak pekerjaan diotomatisasi oleh komputer, internet dan robot kecerdasaan buatan manusia (articial intelegent/AI).

“Saya berpesan kepada para wisudawan yang masuk dunia kerja agar tetap mempunyai spirit of curiosity untuk mendorong performance kerja melalui sikap ingin tahu, eksplorasi melalui beragam pertanyaan dan aktif meng-update diri dengan beragam hal baru,” ujar Riza saat memberikan orasi ilmiah pada Wisuda Mahasiswa STIE Unisadhuguna di Wisma Subud, Cilandak Barat, Jakarta, Sabtu (20/10).

Riza mengatakan, agar bisa bertahan di zaman mendatang, setiap pekerja harus

mempunyai semangat profesional untuk selalu ingin tahu dan bertanya tentang pekerjaannya. Selain itu, harus aktif mencari jawaban atas pertanyaan tentang detail proses pekerjaan. “Jadi, rasa ingin tahu akan membuat pekerja senantiasi belajar dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan sehingga mudah beradaptasi, berkolaborasi dan berkreativitas untuk berinovasi,” tutur dia.

Menurut Riza, orang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, akan memiliki banyak pilihan lebih baik bagi kemajuaan perusahaan, dan membantu perusahaan berkinerja maksimal. Bisnis yang memanfaatkan teknologi digital yang marak saat ini, kata dia, semuanya bermula dari keingintahuan manusia memecahkan problem kehidupan, menjadikan hidup lebih ringan dan membuat bisnis lebih besar.

“Kehadiran bisnis online seperti Amazon, Zappos, Alibaba, Gojek, Tokopedia serta

beragam platform serupa tentunya menyadarkan kita bahwa semakin tak ada yang bisa bertahan di zona nyaman. Kita harus bergerak dan berevolusi meningkatkan pengetahuan dan kemampuan kita. Tidak boleh hanya berhenti pada ijazah, harus terus belajar,” imbuh dia.

Riza mengatakan bangsa Indonesia harus siap menghadapi era revolusi industri berikutnya yang akan memberikan banyak kejutan. Revolusi tersebut, tidak boleh dipandang sebagai kekhawatiran, tetapi merupakan tantangan. “Tantangan tersebut harus dihadapi dengan senjata ilmu, kreativitas, keberanian dan kemampuan diri yang terus ditingkatkan,” pungkas dia.

 

Baca Juga :

Posted on: August 19, 2019, by :