Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan

Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan

Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan

Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan
Pertumbuhan ekonomi dan kemiskinan

Berkali-kali masalah kemiskinan yang dihadapi bangsa Indonesia telah dijadikan sasaran program pemerintah yang selalu prihatin dan bertekad “memberantasnya”. Namun selalu saja berbagai program itu laksana sekedar “pelipur lara”. Selama Orde Baru (1966-1998) program-program penanggulangan kemiskinan cukup serius dilaksanakan tetapi hasilnya masih kurang berarti karena pertumbuhan ekonomi tinggi juga mengakibatkan meningkatnya ketimpangan ekonomi dan kesenjangan sosial, sehingga kemiskinan relatif meningkat.

PEREKONOMIAN PADA PEMERINTAHAN SBY -BOEDIONO

Selama setahun pemerintahan SBY-Boediono tidak banyak gapaian yang dapat dihasilkan di bidang ekonomi. Pemerintah terlalu dibuai dengan angka-angka statistik pertumbuhan ekonomi di pasar modal. Padahal pertumbuhan ekonomi yang saat ini terjadi adalah akibat aliran hot money yang sewaktu-waktu bisa hengkang dari Indonesia.

Pengamat ekonomi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Latief Adam, kinerja pemerintah  di bidang ekonomi sepanjang  satu tahun terakhir tidak mengalami kemajuan. Ia menilai pemerintah masih bangga dengan pencapaian-pencapaian bersifat teori yang ditulis dalam RAPBN 2011. Padahal menurutnya yang terpenting adalah realisasi target pencapaian yang dapat dilihat dari berkurangnya angka pengangguran dan angka kemiskinan  yang ternyata belum berhasil dilakukan pemerintah hingga sekarang.

Sumber : https://merkbagus.id/

Posted on: August 21, 2019, by :