Macam Media Pembelajaran Sederhana

Macam Macam Media Pembelajaran Sederhana, Siswa Jadi Betah Belajar

Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran memiliki peranan urgen dalam pekerjaan belajar mengajar. Media pembelajaran sendiri mempunyai tujuan supaya proses belajar melatih lebih efektif dan gampang diterapkan.

Tetapi realitanya media pembelajaran tidak jarang terabaikan dengan dalil terbatasnya masa-masa untuk menciptakan persiapan mengajar, sulit menggali media yang tepat, dan tidak tersedianya biaya. Agar proses belajar gampang dan efisien, pendidik mesti memilih media yang relevan dengan destinasi pembelajaran yang bakal di capai.

Nah, macam macam media pembelajaran simpel memiliki tidak sedikit ragam yang sebenarnya dapat diaplikasikan dalam pekerjaan belajar mengajar.

Media adalahsuatu perangkat atau sarana atau perlengkapan yang bermanfaat untuk mengucapkan informasi. Sedangkan media pembelajaran ialah segala sesuatu yang dapat dipakai untuk mengalirkan pesan dari pengirim untuk penerima sampai-sampai dapat memicu pikiran, perasaan, perhatian dan minat pembelajaran yang menjurus kearah terjadinya proses belajar.

Berikut macam macam media pembelajaraan sederhana.

Gambar dan Gambar jadi
1. Gambar

Macam macam media pembelajaran simpel gambar yang dimaksud di sini tergolong foto, lukisan/gambar, dan sketsa. Macam macam media pembelajaran ini bertujuan guna penampilan sekian banyak jenis gambar ini ialah untuk memvisualisasikan konsep yang ingin dikatakan kepada siswa.

2. Gambar jadi

Macam macam media pembelajaran gambar jadi dapat dipungut dari majalah, brosur, selebaran, dan lain-lain yang dapat dipakai dalam proses pembelajaran.

3. Gambar Garis (sketsa)

Ciri utama dalam menciptakan gambar garis, yakni adanya objek, aksi, atau kondisi yang hendak dilukiskan. Dengan gambar garis murid akan mengetahui pembelajaran melewati sketsa gambar.

4. Gambar diam

Macam macam media pembelajaran melewati media gambar diam ialah media visual berupa gambar yang didapatkan melalui proses fotografi, misalnya: foto, gambar, peta.

5. Gambar fotografi

Gambar fotografi didapatkan dari sejumlah sumber, contohnya dari surat kabar, lukisan, kartun, ilustrasi, potret yang didapatkan dari sekian banyak sumber itu dapat dipakai oleh guru secara efektif dalam pekerjaan belajar melatih dengan destinasi tertentu.

Terdapat lima macam gambar fotografi yang mesti diacuhkan antara lain:

• Gambar fotografi tersebut harus lumayan memadai.
• Gambar-gambar mesti mengisi persyaratan artistik yang bermutu.
• Gambar fotografi untuk destinasi pengajaran mesti lumayan besar dan jelas.
• Validitas gambar, yakni apakah gambar tersebut benar atau tidak.
• Memikat perhatian anak, ini ingin kepada hal-hal yang diamatinya, misalnya, binatang, kereta api, kapal terbang dan sebagainya.

6. Peta dan Globe

Macam macam media pembelajaran berikutnya ialah peta dan globe ini bermanfaat untuk menyajikan data-data lokasi, seperti: suasana permukaan (bumi, daratan, sungai sungai, gunung-gunung), dan tempat- lokasi serta arah dan jarak.

Kelebihan beda dari peta dan globe, dalam pekerjaan belajar melatih adalah:

• Memungkinkan siswa memahami posisi dari kesatuan politik, wilayah kepulauan dan beda lain.
• Merangsang minat murid terhadap warga dan pengaruh- pengaruh geografis.
• Memungkinkan murid memperoleh cerminan tentang imigrasi dan penyaluran penduduk, tumbuh-tumbuhan dan kehidupan hewan, serta format bumi yang sebenarnya.

7. Grafik

Macam macam media pembelajaran grafik ialah penggambaran data berangka, bertitik yang menunjukkan hubungan timbal balik sehingga menyusun informasi. Fungsi grafik ialah untuk mencerminkan data kuantitatif secara teliti dan menjelaskan perkembangan.

Ada sejumlah macam grafik, antara lain:

• Grafik batang, diciptakan dengan memakai batang sebagai cerminan kelompok data secara vertical atau horizontal.
• Grafik garisGrafik garis dipakai untuk melukiskan kecederungan-kecenderungan dan menghubungkan dua kumpulan data, yang di dasarkan untuk dua skala pada sudut tegak lurus.

Misalnya, grafik tersebut dapat mengindikasikan hubungan desakan dan temperatur andai volume gas di jaga supaya tetap konstan.

8. Grafik lingkaran

Grafik lingkaran dipakai untuk mencerminkan informasi tentang porsi (alokasi) pemakaian duit yang tersedia. Jumlah persentase borongan segmen ialah 100%.

9. Grafik gambar

Grafik gambar adalahbentuk pilihan dari grafik batang yang dipakai untuk melukiskan nilai. Untuk memudahkan pemahaman dan menghindari kebingungan, usahakan nilai setiap susunan gambar dicantumkan.

10. Papan Tulis

Papan tulis dan whiteboard adalahsalah satu media penyajian guna pembelajaran. Media ini digunakan untuk penyajian artikel atau sketsa gambar dengan memakai kapur atau spidol. Sumber : www.pelajaran.co.id

Posted on: August 29, 2019, by :