JICA Perkuat Kolaborasi LSM dan CSR Korporasi

JICA Perkuat Kolaborasi LSM dan CSR Korporasi

JICA Perkuat Kolaborasi LSM dan CSR Korporasi

JICA Perkuat Kolaborasi LSM dan CSR Korporasi
JICA Perkuat Kolaborasi LSM dan CSR Korporasi

Baru-baru ini Jakarta menjadi tuan rumah Pertemuan ke-5 Konsultatif Devisi LSM

Badan Pembangunan Internasional Jepang (JICA-NGO Desk). The Fifth JICA – NGO Desk Consultative Meeting in JFY 2017;“Exploring CSR Programs to Strengthen Social Activities”Mengambil tema Program: Menjajaki Program CSR untuk Memperkuat Aktivitas Kemanusian dan Sosial”, sedikitnya lebih 33 wakil LSM menjadi peserta aktif. Kegiatan berlangsung di kantor pusat JICA Indonesia Jakarta (19/1).

Pihak JICA mengatakan, kegiatan fokus memperkenalkan program CSR perusahaan kepada LSM, mendukung LSM untuk memulai kerjasama dengan perusahaan melalui program CSR, terutama memperluas dan memperkuat jaringan antara LSM di Indonesia dan Jepang

Dari sedikitnya 33 delegasi LSM , Ketua Pengurus Darmanto dan beberapa staf Jaringan

Pemantau Pendidikan Indonesia JPPI/NEW Indonesia menjadi partisipan aktif kegiatan tersebut.

Beberapa analis mengatakan, Sumber daya manusia (SDM) telah menjadi salah satu masalah utama yang dihadapi oleh LSM. Keberlanjutan LSM, antara lain, tergantung pada bagaimana mereka dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia mereka untuk beradaptasi dan memecahkan tantangan baru-baru ini. LSM dinilai perlu memelihara dan mengembangkan SDM internal karena kunci keberhasilan bisnis seseorang.

Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) dapat menjadi alternatif bagi LSM

untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia mereka. Beberapa perusahaan memilih untuk membangun program jangka panjang dengan membuat paket pengembangan kapasitas kelembagaan dalam melaksanakan program CSR mereka. Mereka menciptakan produk atau memberikan layanan yang membantu memenuhi kebutuhan masyarakat. Di antaranya adalah pelatihan, magang, kursus, beasiswa, dll. Jenis bantuan khusus lainnya dapat diberikan seperti yang diminta oleh mitra nirlaba.

Sedikitnya, terdapat Tipe lain dari program CSR adalah menyediakan pembiayaan langsung atau peralatan untuk mendukung bisnis di masyarakat. Ada banyak masalah sosial yang penting di tingkat akar rumput seperti kemiskinan, angka putus sekolah yang tinggi, dan kurangnya fasilitas kesehatan, yang membutuhkan perhatian dari perusahaan melalui kegiatan CSR. Kesempatan ini harus dimanfaatkan oleh LSM yang bekerja di daerah tersebut. Kolaborasi antara perusahaan dan LSM akan membuat kegiatan menjadi lebih kuat.

 

Sumber :

http://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/tata-cara-masbuk/

Posted on: September 17, 2019, by :