Harumkan Jawa Barat Sabet Juara Umum

Harumkan Jawa Barat Sabet Juara Umum

Harumkan Jawa Barat Sabet Juara Umum

Harumkan Jawa Barat Sabet Juara Umum
Harumkan Jawa Barat Sabet Juara Umum

Provinsi Jawa Barat berhasil menjadi Juara Umum dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter

(PPK) Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Berbasis Pramuka pada Tingkat Nasional tahun 2018. Kegiatan ini mengusung tema ‘Menuju Kemandirian melalui Pendidikan Karakter’ ini diselenggarakan di Buperta Cibubur tangga 31 Juli sampai 3 Agustus 2018.

Provinsi Jawa Barat mengirimkan 6 orang perwakilannya, yaitu M. Fasya Ramadhan dari SLB Solalin Kota Bandung, Mayza Mirakela Nur dari SLB B Cicendo Kota Bandung, M. Aditya Pratama dari SLBN A Kota Bandung, Tia dari SLB At Turmudzi I, M. Adi Fadillah dari SLB YPAC Kota Bandung, dan Wildan dari SLBN Purwakarta.

Mereka memenangkan beberapa kategori lomba sehingga menghantarkan Jawa Barat

sebagai juara umum. Kategori yang dimenangkan meliputi, Juara 1 Menghias Tenda, Juara 1 Karnaval, dan Juara 1 Pentas Seni dan Budaya.

Dihadiri langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy kegiatan ini merupakan upaya peningkatan layanan pendidikan bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Kegiatan PPK mengedepankan pendidikan karakter dengan model aktivitas di luar sekolah y

ang menyenangkan bagi peserta didik. Selain itu, setiap anak dapat meningkatkan kepercayaan dan kompetensi dalam dirinya sehingga dapat mencapai kemandirian.

”Kegiatan seperti ini sangat positif sekali terutama bagi siswa berkebutuhan khusus. Dengan kegiatan ini, setiap anak dapat meningkatkan kepercayaan dan kompetensi dalam dirinya untuk mencapai kemandirian,” tutur Effendy.

Materi kegiatan yang dilaksanakan pada PPK ini di antaranya adalah game persaudaraan dan keterampilan yang meliputi pengibaran bendera dan mendirikan tenda. Selain itu terdapat pentas seni dan budaya yang diisi oleh penampilan menyanyi, membaca puisi, menari, dan mendongeng dengan tema Kemerdekaan RI dan kearifan lokal masing-masing daerah.

Tujuan utama yang ingin dicapai adalah menghasilkan peserta didik berkebutuhan khusus berkarakter baik, bejiwa nasionalis, dan berakhlak mulia. (

 

Baca Juga :

Posted on: September 22, 2019, by :