Tanda-tanda Keterlambatan Perkembangan pada Balita

Tanda-tanda Keterlambatan Perkembangan pada Balita

Beberapa keterlambatan dirasakan tidak serius, dan mayoritas anak dapat memburu ketinggalan mereka, terutama andai si kecil menemukan perawatan dini. Kuncinya ialah memberikan anak pertolongan yang ia butuhkan, segera sesudah Anda beranggapan ada masalah padanya. Apakah kita sedang bertanya-tanya apakah si kecil terbelakang dalam perkembangan emosional, mental, atau fisiknya? Nah, berikut ialah beberapa tanda keterlambatan pertumbuhan pada balita yang mesti diacuhkan orang tua.

Keterlambatan pada Keterampilan Bahasa dan Bicara

Jenis keterlambatan ini ialah yang sangat umum. Keduanya memang tersiar serupa, namun mereka sebenarnya berbeda. Bicara ialah sebuah kegiatan yang terjadi saat ada suara terbit dari mulut si kecil. Anak-anak yang merasakan keterlambatan bicara seringkali tampak gagap atau memiliki kendala dalam mengucapkan ucapan-ucapan dengan teknik benar.

Sementara itu, keterlambatan bahasa mengacu pada arti bunyi dan gerak tubuh anak. Anak-anak yang mempunyai masalah bahasa lazimnya mengalami kendala dalam mengekspresikan diri atau mengetahui perkataan orang lain.

Keterlambatan pada Keterampilan Motorik

Beberapa anak barangkali mempunyai masalah dengan gerakan yang menggunakan tidak sedikit otot, laksana menendang bola, atau dengan gerakan lebih kecil, laksana memegang krayon. Terkadang masalahnya bukan terletak pada kekuatan mereka, namun pada bagaimana mereka menata koordinasi. Anak-anak dengan keterlambatan motorik seringkali juga tampak lebih sembrono daripada anak-anak beda seusianya.

Keterlambatan pada Keterampilan Sosial dan Emosional

Keterlambatan ini ditandai dengan ketidakmampuan si kecil dalam bergaul dengan orang dewasa atau anak-anak lain. Umumnya, masalah ini terjadi sebelum anak masuk sekolah. Gangguan spektrum autisme ialah salah satu penyebab umum dari keterlambatan sosial dan emosional. Kondisi itu dapat memengaruhi bagaimana seorang anak mengekspresikan dirinya, berinteraksi, berperilaku, atau belajar.

Keterlambatan dalam Keterampilan Berpikir

Ada tidak sedikit faktor yang menciptakan seorang anak mempunyai masalah dengan keterampilan berpikir, belajar, atau mengingat. Semua keterampilan itu seringkali disebut kemampuan kognitif. Penyebab umum dari keterlambatan ini ialah gen yang cacat, masalah fisik, hal lingkungan, kelahiran prematur atau masalah beda yang terjadi sebelum si kecil lahir, serta kecelakaan. Tetapi pada banyak sekali kasus, dokter tidak dapat mengejar penyebab spesifik guna keterlambatan kognitif.

Sumber : http://www.lochruadh.org/?id=exit&link=www.pelajaran.co.id

Posted on: September 28, 2019, by :