MA dan MTs Oemar Diyan Kembali Terima Santri Baru

MA dan MTs Oemar Diyan Kembali Terima Santri Baru

MA dan MTs Oemar Diyan Kembali Terima Santri Baru

MA dan MTs Oemar Diyan Kembali Terima Santri Baru
MA dan MTs Oemar Diyan Kembali Terima Santri Baru

Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan (selanjutnya disingkat dengan PMTC Oemar Diyan) merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam yang telah memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan. Sejak berdirinya pada tahun 1990 sampai tahun 2017 masih tetap eksis membina dan mendidik para santri untuk menjadi insan yang berakhlak dan memiliki wawasan keislaman.

PMTC Oemar Diyan mengasuh para santri dalam dua jenjang pendidikan. Yaitu pada tingkat Madrasah Tsanawiyah

dan tingkat Aliyah. Para santri di samping belajar pelajaran sekolah juga mempelajari berbagai macam pelajaran pesantren, seperti ilmu bahasa arab dan inggris, begitu juga ilmu-ilmu Islam lainnya.

Pada tahun 2017, dua jenjang pendidikan tersebut telah berhasil memperoleh akreditasi A. Hal Ini tidak terlepas dari dukungan para guru yang memiliki kualitas ilmu dan kemampuan mengajar. dan juga didukung oleh fasilitas yang sesuai dan cocok dengan perkembangan zaman.

Saat ini, PMTC Oemar Diyan memberitahukan kepada masyarakat luas bahwa pesantren kembali menyaring dan menyeleksi santri baru Tahun Ajaran 2017-2018. Testing rutin diadakan oleh Pesantren mengingat fasilitas yang ada belum mampu menampung seluruh calon santri yang mendaftar. Pimpinan pesantren selalu menegaskan kalau seandainya pesantren mampu menampung semua pendaftar, maka tidak lagi dibuat testing dan semuanya akan ditampung.

Pada tahun ini Pendaftaran santri baru dibuka melalui dua gelombang:

Gelombang I, dimulai dari tanggal 04 s.d 18 Februari 2017, ujian tulis pada hari Minggu tanggal 19 Februari 2017

Gelombang II, dimulai dari tanggal 01 s.d 22 April 2017, ujian tulis pada hari Minggu tanggal 23 April 2017. Gelombang ini diperuntukkan bagi calon santri yang tidak sempat mendaftar di gelombang pertama.

Para calon wali santri yang ingin mendaftarkan buah hatinya harus langsung pergi ke PMTC Oemar Diyan bersama calon santri. Sehingga calon wali santri dan santri bisa melihat langsung kondisi dan fasilitas pesantren. Pendaftaran dibuka setiap hari dari pukul 09.00 s.d 12.00 dan 14.30 s.d 18.00 WIB.

Sebelum mendaftar, calon wali santri sudah melengkapi semua persyaratan. Adapun syarat administrasi yang harus disertai ketika mendaftar adalah:
Mengisi formulir pendaftaran, Fotocopy rapor kelas V (lima) dan VI (enam) yang sudah dilegalisir bagi calon santri Tsanawiyah, Fotocopy rapor umum kelas VIII (delapan) dan IX (sembilan) dan rapor pesantren kelas 1 (satu) dan 2 (dua) yang sudah dilegalisir bagi calon santri Aliyah dan Pas poto warna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

Kemudian Biaya administrasi sebesar Rp. 200.000,- (sudah termasuk biaya akomodasi dan komsumsi

selama masa ujian berlangsung). Semua berkas pendaftaran tidak dapat diambil kembali.

Calon santri yang ingin melanjutkan pendidikannya di PMTC Oemar Diyan harus mempersiapan diri sebaik mungkin untuk mengikuti testing. Testing diadakan dalam dua tahap; Tahap pertama adalah wawancara dan uji baca Al-Quran. Setelah melakukan pendaftaran dan sudah mendapatkan kartu ujian, calon santri akan diarahkan ke ruang khusus untuk mengikuti proses wawancara dan uji baca Al-Quran. Sedangkan tahap kedua adalah ujian tulis, calon santri harus mempersiapkan dirinya dengan materi berikut:

 

Sumber :

https://mhs.blog.ui.ac.id/lili.ariyanti/2018/01/01/sejarah-penjajahan-belanda/

Posted on: October 8, 2019, by :