Penyebab Turunnya Minat Baca di Sekolah

Penyebab Turunnya Minat Baca di Sekolah

Berikut ini ialah beberapa penyebab turunnya Minat baca anak di sekolah:

1. Sekolah Menuntut Siswanya guna Menghafal
Salah satu penyebab turunnya minat baca pada anak ialah lingkungan sekolah yang kadangkala menuntut muridnya menghafal latihan dari buku. Hal ini mengakibatkan anak kendala untuk merasakan bahan bacaan sampai-sampai proses belajar menjadi tidak mengasyikkan untuk anak.

Lalu bagaimana solusinya? Kita mesti mengenali betul bagaimana sekolah yang baik guna anak, di mana sekolah tidak saja sekedar menghafal teori, namun kenalkan anak dengan sekolah yang cara belajarnya mengasyikkan sehingga menyimak tidak lagi menjadi beban dan anak menyenangi proses belajarnya.

2. Pemahaman Membaca
Para guru meminta muridnya untuk berhenti di tengah paragraf dan mengetahui bacaan tanpa terlebih dulu tidak mempedulikan siswanya merasakan dan mengetahui bacaan secara utuh. Nah, ini pun salah satu urusan yang menciptakan anak anda kehilangan kesenangan saat membaca. Pola melatih seperti ini menjadikan seorang anak berpikir bahwa proses membaca ialah sebuah proses yang terpotong-potong dan bukan satu kesatuan pekerjaan yang asyik untuk merasakan sebuah cerita dari buku.

3. Diejek Saat Membaca
Salah satu urusan yang menciptakan anak anda menjadi ciut nyalinya bahkan kapok saat membaca ialah ejekan-ejekan yang datang, baik tersebut dari teman-temannya maupun gurunya. Minimalisirlah resiko ini dengan sering-sering menyerahkan apresiasi terhadap peningkatan keterampilan membaca anak kita.

Sumber : studybahasainggris.com

Posted on: October 18, 2019, by :