PENGOLAH DATA SUMBER DAYA AIR

PENGOLAH DATA SUMBER DAYA AIR

PENGOLAH DATA SUMBER DAYA AIR

PENGOLAH DATA SUMBER DAYA AIR
PENGOLAH DATA SUMBER DAYA AIR

PDSDA (Pengolah Data Sumber Daya Air ) versi 3.0 adalah pengembangan lebih lanjut dari sistem aplikasi PDSDA versi sebelumnya. Beberapa penyempurnaan dan penambahan pada fitur sistem aplikasi diharapkan akan meningkatkan kemampuan sistem untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang dinamis.
PDSDA dibangun dalam dua versi yang berbeda dalam platform program aplikasi namun terintegrasi, yaitu versi website dan versi PC Based. Hal ini dimaksudkan agar memungkinkan updating data yang efisien, tergeneratenya manfaat bagi pengguna (Pusat, Balai, Propinsi, Kabupaten dan Publik), dan keberlangsungan sistem bisa tetap terjaga. PDSDA versi website bisa diakses di http://sda.pu.go.id, sedangkan versi PC Based dibagi ke dalam dua program aplikasi, yaitu PC Based untuk Pusat, dan Distribusi. PC Based Pusat akan digunakan di Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, sedangkan versi distribusi akan bisa digunakan di Balai PSDA, Propinsi, dan Kabupaten.

II. Spesifikasi Hardware dan Software
Spesifikasi perangkat keras minimum (minimum requirement) untuk menjalankan aplikasi adalah sebagai berikut :
1. CPU (Central Processing Unit) Pentium III
2. Monitor 14 inch dengan resolusi 800 x 600
3. RAM 64 MB
4. Ruang Hard disk Tersisa 300 MB
5. Mouse
6. Keyboard
7. Printer grafik untuk pencetakan

Spesifikasi perangkat lunak yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :
1. Sistem operasi berbasis Windows 32 bit (Windows 95/98/NT/2000 atau yang lebih tinggi)
2. Software Database Server (Firebird Opensource)
3. Runtime ESRI Mapobject untuk menjalankan aplikasi peta. Software ini adalah versi deployment sehingga tidak diperlukan lisensi pada saat diinstalasi.
4. Software Spreadsheet (bisa menggunakan Microsoft Excel yang berlisensi atau menggunakan software yang opensource/freeware seperti Star Office for Windows, Open Office for Windows, dan lain-lain) untuk melakukan pencetakan data tabular
5. Adobe Acrobat Reader (freeware) untuk membaca panduan
6. Run-time aplikasi sistem aplikasi pengolah data sumber daya air

III. Instalasi PDSDA
Prosedur instalasi menggunakan CD ROM Instalasi PDSDA yang sudah berisi semua perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi ini, kecuali untuk software untuk menjalankan spreadsheet.
1. Masukkan CD Instalasi
Secara otomatis akan muncul tampilan sebagai berikut :

2. Instalkan pilihan komponen.

3.1 Instalasi Firebird Interbase Database Server
1. Pilih komponen Firebird Interbase Database Server. Ikuti instruksi yang ditampilkan. Pada saat muncul tampilan seperti dibawah ini pilih Super Server binary dan Full Installation of Super Server and Development Tools. Super Server memungkinkan ukuran data yang disimpan mencapai 8 Giga Byte (GB) untuk satu file. Pada saat kebutuhan melebihi 8 GB bisa dibuatkan file baru yang akan secara otomatis seolah-olah adalah lanjutan dari file pertama dengan maksimum ukuran data 8 GB. Demikian seterusnya hingga mencapai 2 pangkat 8 file dan masing-masing file sebesar 8 GB.

2. Pada saat muncul tampilan Select Additional Task, beri check (V) pada Copy Firebird Client library to <system> directory.

3. Selanjutnya anda cukup menekan tombol next dan install untuk menjalankan proses instalasi
4. Jika komputer anda menggunakan sistem operasi Windows bukan server (Windows 95/98, dll). Instalasi Firebird Interbase berjalan dengan baik jika muncul ikon

Baca Juga :

Posted on: November 20, 2019, by :