Fungsi SWDKLLJ pada STNK

Fungsi SWDKLLJ pada STNK

Fungsi SWDKLLJ pada STNK

Fungsi SWDKLLJ pada STNK
Fungsi SWDKLLJ pada STNK

Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan atau SWDKLLJ yang angkanya tertera di STNK dan dibayar setiap tahun oleh pemilik kendaraan merupakan skema perlindungan dari pemerintah untuk korban kecelakaan lalu lintas.

SWDKLLJ merupakan sumbangan yang diberikan oleh pemilik kendaraan bermotor.

Sumbangan itu ditampung oleh BUMN Jasa Raharja sesuai Undang-Undang Nomor 34 Tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Lihat juga:Polisi Periksa Tujuh Saksi Usut Kecelakaan Skuter Listrik
Besar SWDKLLJ sudah ditentukan pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 36 Tahun 2008. Contohnya, sepeda motor 50-250 cc dikenakan Rp32 ribu, sepeda motor di atas 250 cc Rp80 ribu, dan mobil penumpang Rp140 ribu.

Setelah ditampung Jasa Raharja menyalurkan dana menjadi santunan

buat korban kecelakaan lalu lintas. Jumlah santunan ditentukan oleh Peraturan Menteri Keuangan Nomor 15 dan 16 Tahun 2017.

Berdasarkan peraturan itu santunan buat korban bentuknya macam-macam, mulai dari penggantian biaya ambulans Rp500 ribu, biaya P3K Rp1 juta, biaya penguburan Rp4 juta, dan perawatan (maksimal) Rp20 juta.

Santunan tertinggi sebesar Rp50 juta diberikan untuk korban cacat tetap Rp50 juta

dan ahli waris korban meninggal dunia.

“[SWDKLLJ adalah) Sumbangan wajib yang dibayarkan oleh pemilik kendaraan sesaat dan bersamaan saat bayar pajak [STNK] di kantor Samsat. Setahun sekali. Uang untuk dibayarkan [diberikan untuk] korban yang diakibatkan oleh mobil itu, ini beda dengan asuransi jiwa sendiri,” jelas Tri Haryanto, Kepala Divisi IT Jasa Raharja, di Jakarta, Rabu (13/11).

 

Sumber :

https://zalala.co.id/

Posted on: December 24, 2019, by :