Belajar Dibawah Ancaman Atap Jebol

Belajar Dibawah Ancaman Atap Jebol

Belajar Dibawah Ancaman Atap Jebol

Belajar Dibawah Ancaman Atap Jebol
Belajar Dibawah Ancaman Atap Jebol

Siswa SDN Jatisari III Kota Bekasi terpaksa belajar dengan ancaman atap ruang kelas

yang setiap saat bisa jebol. Pasalnya, paku yang terdapat di plafon sudah copot.

Sekolah yang berdiri di atas tanah wakaf itu, sejak 1986 belum pernah dilakukan renovasi secara khusus. Pantauan Radar Bekasi, Senin (4/11), sekolah itu hanya memiliki 3 ruang kelas, 1 ruang kepala sekolah dan guru. Keterbatasan ruangan kelas membuat pihak sekolah membagi sistem belajar shift pagi dan siang.

Yang memprihatinkan, setiap ruang kelas beberapa bagian atapnya

sudah mengalami jebol. ”Tiga lokal kelas ini atapnya sudah sangat berbahaya dan mengancam keselamatan siswa, sebab paku di plafon sudah banyak yang copot karena kayunya sudah hancur,” ujar Kepala SDN Jatisari III Kota Bekasi Nurwanto kepada Radar Bekasi, Senin (4/11).

Pada Sabtu (2/11), ruang kelas yang digunakan oleh siswa kelas 3 dan 6 belajar plafonnya jebol. Peristiwa itu terjadi saat berlangsungnya apel pramuka.

”Untung siswa lagi di luar kelas, kalau enggak bahaya banget buat siswa.

Karena ini (plafon) asbes bukan triplek, kalau menjatuhi siswa bisa saja cedera kepalanya,” ujarnya.

Nurwanto mengaku, hampir 34 tahun berdirinya SDN Jatisari III Kota Bekasi belum pernah mendapatkan bantuan renovasi total dari pemerintah setempat. Jebolnya atap tak hanya terjadi di ruang kelas, tetapi sempat juga terjadi di ruang kamar mandi, guru dan kepala sekolah.

Selama ini, pihak sekolah hanya melakukan perbaikan kecil atap yang jebol dari bantuan dana komite sekolah. ”Sudah sering banget komite membantu sekolah, saya aja sampai malu untuk menerima bantuan tersebut,” katanya.

Dikatakannya, pada tahun depan sekolahnya akan mendapatkan bantuan renovasi gedung dari pemerintah pusat melalui dana alokasi khusus (DAK). Ia pun berharap bantuan itu dapat terealisasi.

 

Sumber :

https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/

Posted on: January 29, 2020, by :