Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja
Posted in: Pendidikan

Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja

Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja

Karakteristik pertumbuhan dan perkembangan remaja

  1. Remaja menurut hukum

Dalam hubungannya dengan hukum, hanya undang-undang perkawinan saja yang mengenal konsep remaja. Usia minimal untuk suatu perkawina menurut undang-undang disebutkan 16 tahun untuk wanita dan 19 tahun untuk pria(uu perkwinan no 1/1974 tentang perkawinan).

  1. Remaja ditinjau dari sudut perkembangan fisik

Dalam ilmu kedokteran, remaja dikenal sebagai suatu tahap perkembangan fisik dimana alat-alat kelamin manusia mencapai kematangannya. Secara anatomis berarti alat-alat kelamin khususnya serta keadaan tubuh pada umumnya memperoleh bentuk yang sempurna.

  1. Batasan remaja menurut WHO

Remaja adalah suatu masa pertumbuhan dan perkembangan dimana pertama kali menunjukkan tanda-tanda seksual, mengalami perkebangan psikologi dan pola identitas menjadi dewasa,  serta terjadi peralihan dari ketergantungan sosial ekonomi yang relatif lebih mandiri.

  1. Remaja ditinjau dari faktor sosial psikologis

Salah satu ciri remaja adalah perkembangan psikologis dan pada identifikasi dari kanak-kanak menuju dewasa, yang ditandai dengan proses entropy dan negentropy. Entropy adalah keadaan dimana kesadaran manusia masih belum tersusun rapi. Negentropy adalah keadaan dimana isi kesadaran tersusun dengan baik, pengetahuan yang satu terkait dengan perasaan atau sikap.

  1. Defenisi remaja untuk masyarakat indonesia.

Menurut Sarlito, tidak ada profil remaja Indonesia yang seragam dan berlaku secara nasional. Sebagai pedoman umum untuk remaja Indonesia dapa digunakan batasan usia 11-24 tahun dan belum menikah.


Sumber:

https://ironmanfactory.com/furry-pet-hospital-apk/