Pertumbuhan dan perkembangan remaja
Posted in: Pendidikan

Pertumbuhan dan perkembangan remaja

Pertumbuhan dan perkembangan remaja

Pertumbuhan dan perkembangan remaja

Pengertian pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbumbuhan berbeda dengan perkembangan. Pertumbuhan berkaitan dengan perubahan kuantitatif yang menyangkut peningkatan ukuran dan struktur biologis. Pertumbuhan adalahperubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada anak yang sehat pada perjalanan waktu tertentu. Pertumbuhan dapat juga diartikan sebagai proses perubahan dan pematangan fisik.

Perkembangan adalah proses perubahan dalam pertumbuhan pada suatu waktu sebagai fungsi kematangan dan interaksi dengan lingkungan , perkembangan lebih dapat mencerminkan sifat-sifat yang khas mengenai gejala-gejala yang nampak, proses yang kekal dan tetap menuju ke arah suatu oraganisasi pada tingkat integrasi yang tinggi berdaskan proses pertumbuhan, kematangan, dan belajar.

Perubahan-perubahan meliputi berapa aspek, baik fisik maupun psikis. Perubahan tersebut yitu perubahan ukuran, perbandingan, mengganti hal-hal yang lama, dan berubah untuk memperoleh hal-hal yang baru.

  1. Tugas-tugas perkembangan

Perkembangan  merupakan suatu proses yang menggambarkan prilaku kehidupan sosial psikologis manusia pada posisi yang harmonis di dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas dan kompleks. Oleh havighurst perkebangan tersebut dinyatakan sebagai tugas yang harus dipelajari, dijalani, dan dikuasai oleh setiap individu  dalam perjalanana hidupnya.

Tugas-tugas perkembangan tersebut dikaitakan dengan fungsi belajar karena pada hakikatnya perkembangan kehidupan manusia dipandang sebagai upaya mempelajari norma kehidupan dan budaya masyarakat agar mampu melakukan penyesuaian diri dalam kehidupan nyata.

Havighurst mengemukakan sepuluh jenis tugas perkembangan remaja seperti: mencapai hubungan dengan lawan jenis secara lebih memuaskan dan matang; mencapai perasaan seks dewasa yang diterima secara sosial; mencapai keadaan badannya dan menggunakannya secara efektif; mencapai kebebasan emosional dari orang dewasa; mencapai kebebasan ekonomi; memilih dan menyiapakan suatu pekerjaan; menyiapkan perkawinan dan kehidupan berkeluarga; mengembangakan keterampilan dan konsep intelektual yangperlu bagi warga negara yang kompeten; mengingikan dan mencapai tingkah laku yang bertanggung jawab scara sosial; dan menggapai suatu perangkat nilai yang digunakan sebagai pedoman tingkah laku.

  1. Hukum-hukum pertumbumbuhan dan perkembangan

Hukum-hukum pertumbuhan dan perkembangan antara lain hukum cephalopodal yang menyatakan pertumbuhan fisik dimulai dari kepala ke arah kaki. Hukum proximodistal menyatakan bahwa pertumbuhan fisik berpusat pada sumbu dan mengarah ke tepi. Perkembangan terjni dari umum ke khusus. Perkembang berlangsung dalam tahap-tahap perkembangan. Pada setiap masa perkembangan yang berbeda ciri antara ciri yang ada pada suatu masa perkembangan yang lainnya. Hukum tempo dan ritme perkembangan, tahapan perkembangan berlangsung secara berurutan, terus menerus dan dalam tempo perkembangan yang relatif tetap sert bisa berlaku umum.


Sumber:

https://penirumherbal.co.id/ideologi/