Cara Mengenali Odometer Mobil Bekas yang Diakali

Dalam memilih mobil bekas, ada tidak sedikit hal yang harus diperhatikan. Jangan melulu tergoda lantaran eksteriornya yang mulus, kabin yang nyaman, maupun suara mesin yang halus. Perhatikan dulu odometernya.

Jika menunjukkan angka yang lumayan tinggi, maka dapat diasumsikan roda empat itu sudah dipakai dengan jarak yang lumayan jauh atau biasa dinamakan mobil capai.

Nah, andai jarak tempuh yang sudah lumayan jauh tidak memblokir kemungkinan akan berpengaruh terhadap penurunan performa serta kehancuran sejumlah komponen.

Tapi, tidak sedikit oknum penjaja mobkas yang mengerjakan kecurangan dengan mengolah odometer analog. Bahkan, supaya lebih meyakinkan sampai mencatut rekam jejak kitab servis.

Si pelaku memanfaatkan jasa memutar balik angka kilometer, lantas membawa mobil itu ke lokasi servis. Hasilnya, angka kilometer palsu tersebut sesuai kitab servis dan seakan-akan benar-benar tampak muda.

“Misalnya seharusnya jarak tempuh mobil tersebut 80.000 km, diputar jadi 40.000 km, lalu diangkut ke bengkel servis, ya yang terdaftar 40.000 km di penjelasan servis,” ujar Abeth N Sonjaya, Recondition & Quality Control Head Mobil88.

Cara Mengetahui

Seperti disitat laman sah Seva.id, urusan tersebut dapat diketahui dengan menyaksikan bekas congkelan saat membuka mika dasbor mobkas.

Di samping itu, angka-angka pada odometer pun mengalami kerusakan sebab harus dipaksa diputar dengan benda keras tumpul atau lancip.

Namun butuh dicatat, odometer digital juga dapat saja dimanipulasi, dengan teknik yang lebih mudah, yaitu melulu dengan gampang kelihatan ke suatu software.

Jadi, andai membeli seva mobil bekas, selain menyaksikan odometer, terdapat baiknya mengerjakan pengecekan secara menyeluruh, mulai dari riwayat servis pada kitab atau bengkel, menyaksikan secara langsung format fisik eksterior dan interior supaya tidak tertipu.

Sumber:

Posted on: May 8, 2020, by :