Apa Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit
Posted in: Teknologi

Apa Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit?

Apa Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit?

 

Apa Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit
Apa Perbedaan Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang berperan penting untuk mengoperasikan komputer, laptop dan

smartphone, salah satunya Windows, yang bisa dikatakan paling populer di dunia. Selain itu, ada pula MacOS dan Linux.

Kendati demikian, sejauh ini ada dua basis sistem yang digunakan pada Windows, yaitu 32 bit dan 64 bit, yang kadang kala tidak terlalu diperhatikan oleh para penggunanya. Padahal, kedua basis sistem ini memiliki fungsi dan performa yang berbeda.

Basis sistem ini juga menjadi salah satu tolok ukur kemampuan komputer, laptop dan smartphone untuk menjalankan aplikasi-aplikasi tertentu.

Oleh karenanya, penting untuk mengetahui perbedaan serta kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada basis sistem 32 bit dan 64 bit. Berikut adalah ulasan sebagaimana dikutip dari laman PC Mag dan Digital Trends.

1. Jumlah RAM

Perbedaan mendasar pada kedua basis sistem ini adalah jumlah maksimal RAM yang digunakan. Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda, di mana 32 bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil dari pada 64 bit.

Sistem operasi 32 bit hanya mampu berjalan secara optimal dengan penggunaan RAM kurang dari 4 GB. Sementara sistem 64 bit dapat digunakan untuk penggunaan hingga lebih dari 4 GB RAM.

Maka dari itu, 32 bit bisa dikatakan sebagai versi lawas yang kurang cocok untuk menjalankan sejumlah aplikasi terbaru yang membutuhkan kinerja lebih tinggi.

2. Performa 32 bit dan 64 bit

Dalam pengoperasiannya, tentu sistem 32 bit dan 64 bit didukung dengan kemampuan prosesor yang ada di dalam perangkat.

Perangkat dengan teknologi prosesor 64 bit tentunya memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor 32 bit. Sebab, prosesor 64 bit merupakan versi baru yang telah disesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini.

Selain itu, prosesor 64 bit juga mampu menyimpan lebih banyak nilai komputasi, yang berarti mampu mengakses empat miliar kali lebih banyak memori daripada prosesor 32 bit.

3. Kompatibilitas Aplikasi

Perbedaan performa pada kedua sistem ini juga dapat mempengaruhi kompatibilitas aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat. Jika Anda menggunakan sistem operasi 32 bit, tentunya perangkat tidak akan bisa menjalankan aplikasi 64 bit.

Misalnya aplikasi yang membutuhkan kinerja prosesor dan sistem mumpuni seperti desain, video editing, serta game dengan grafik beresolusi tinggi.

Tapi justru sebaliknya, perangkat dengan sistem operasi 64 bit lebih leluasa karena dapat menjalankan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan sedikit kemungkinan munculnya masalah.

Sumber:

https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/