Harga Screen Projector Terbaru Tahun 2020 dan Spesifikasinya
Posted in: Teknologi

Harga Screen Projector Terbaru Tahun 2020 dan Spesifikasinya

Harga Screen Projector Terbaru Tahun 2020 dan Spesifikasinya

 

Harga Screen Projector Terbaru Tahun 2020 dan Spesifikasinya
Harga Screen Projector Terbaru Tahun 2020 dan Spesifikasinya

bervariasi tergantung model, bahan, dan spesifikasinya. Tentunya, semakin berkualitas dan bermutu sebuah screen projector, harganya semakin mahal. Tetapi, perlu juga disesuaikan dengan proyektor anda. Berikut adalah pembagian projector berdasarkan spesifikasinya.

Screen projector memiliki beberapa model yang juga mempengaruhi harga layar tersebut. Model yang tersedia di pasaran adalah manual screen projector, tripod screen projector, dan motorized screen projector. Selain itu, terdapat juga fast fold screen projector maupun screen projector lembaran.

Motorized screen projector
Baca Juga:

Laptop Murah Terbaru Di Tahun 2020
Daftar SSD Terbaik Yang Direkomendasi Tahun 2020
Memilih Ukuran Screen Projector

Umumnya, model motorized screen projector lebih mahal karena menggunakan perangkat elektronik. Model ini digerakkan oleh motor sehingga dapat otomatis tertarik ke atas ketika tidak digunakan. Dan ketika ingin digunakan dapat menjuntai dengan bantuan motor listrik. Tentunya, dengan kemudahan tersebut, proses mengerlar dan menutup layar menjadi sangat dimudahkan.

Untuk layar dengan ukuran kecil, biasanya memiliki rasio 1:1. Harga motorized screen projector dengan ukuran 60”X60” sekitar empat juta rupiah. ukuran 60”X60” biasanya sudah yang paling kecil. Sedangkan untuk motorized screen projector dengan ukuran 140”X140” harganya sekitar tiga belas juta rupiah.

Selain rasio 1:1, ada juga rasio 2:3, 3:4, dan 9:16. Layar dengan rasio ini biasanya diukur berdasarkan diagonalnya. Angka diagonal tidak menunjukkan panjang atau lebar layar, melainkan bentangan terjauh dari dua titik di layar. Contohnya adalah motorized 100” diagonal screen projector, memiliki harga sekitar enam juta rupiah. Sedangkan ukuran 300” diagonal, harganya sekitar tujuh puluh juta rupiah.

Manual screen projector

Model manual, mengharuskan pengguna untuk menarik layar secara manual. Dari keadaan tergulung, layar harus ditarik ke bawah sampai bentangan tertentu. Setelah mencapai titik tertentu, layar bisa dilepas. Sejenak, layar akan kembali tertarik ke atas, namun pada titik tertentu,layar tetap tertahan. Kemudian, untuk mengembalikan layar ke posisi tergulung, Tarik sedikit layar ke bawah. Kemudian lepaskan. Maka layar akan secara otomatis tergulung ke atas.

Seperti motorized screen, layar dengan rasio ukuran 1:1 biasanya memiliki ukuran yang kecil. Ukuran layar manual

dengan panjang dan lebar yang sama ini biasanya mulai dari 60” sampai dengan 140”.

Untuk manual screen projector dengan ukuran 60”X60” memiliki harga sekitar. Satu juta rupiah. sedangkan untuk Harga Screen Projector terbaru jenis manual dengan ukuran 100”X100” berkisar dua setengah jutaan rupiah.

Sedangkan layar yang menggunakan satu satu bisajadi adalah diagonal layar.angka tersebut bukan menunjukkan panjang lebar layar. Manual screen yang menggunakan rasio selain 1:1 mulai tersedia dari ukuran 72” sampai dengan harga sekitar dua juta rupiah sampai dengan ukuran diagonal 150” dengan harga sekitar empat juta rupiah.

Tripod Screen projector

Tidak seperti motorized screen maupun manual screen yang bisa digantung di dinding untuk membentangkan layarnya, tripod screen projector menggunakan tripod sebagai penyangga. Karena menggunakan tripod, ukuran yang tersedia biasanya terbatas. Untuk ukuran 60”X60”, tripod screen projector dipatok berkisar satu juta rupiah. sedangkan ukuran 100”x100” atau sekitar 2 setengah meter, berkisar dua setengah juta rupiah.

Fixed Frame screen projector

Jika layar sebelumnya bisa digulung dan dibentangkan, fixed frame tidak bisa digulung seperti layar sebelumnya. Biasanya, layar fixed frame memiliki rangka besi yang membentangkan layar tersebut tetap terbentang dengan tegangan tertentu. Karena dibentangkan dengan cara yang khusus, layar seperti ini biasanya mampu menghasilkan tayangan projector yang halus dan tajam. Biasanya layar dengan fixed frame juga menggunakan bahan dengan kualitas baik, yaitu daper. Sehingga gambar yang dihasilkan bisa jernih. Rentang harga dengan produk ini berkisar dari sepuluh juta hingga dua puluh juta. Selain harga barangnya yang tergolong mahal, layar fixed juga susah untuk dipindahkan atau dikirimkan, karena posisi layar yang selalu terbentang.

Selain model layar, masih ada banyak penentu dari harga sebuah layar proyektor, seperti merk, tempat pembuatan, bahan layar dan spesifikasi layar.

Salah satu spesifikasi layar yang jarang diperhatikan adalah screen gain. Masing-masing layar memiliki formulasi yang berbeda beda dalam layarnya. Sehingga, cahaya dari proyektor yang diserap dan dipantulkan juga berbeda beda pula. Semakin besar sudut screen gain, maka penonton dari berbagai sudut ruangan bisa melihat tayangan pada layar. Sudut screen gain yang besar biasanya sekitar 170 derajat.

Sedangkan sudut screen gain yang kecil, biasanya hanya memungkinkan penonton untuk melihat layar dari tempat

yang ada di depan layar. Sudut kecil ini biasanya sebesar 70 derajat. Meski sudut pandangnya kecil, gambar yang dihasilkan bisa jadi lebih bagus dan tajam.

Untuk mengimbangi diantaranya, terciptalah screen gain intermediate, atau sedang. Sudutnya biasanya sekitar 120 derajat. Dengan sudut ini, penonton dari sudut yang cukup lebar masih mampu melihat tayangan, tanpa mengorbankan banyak kualitas tayangan. Oleh karena itu, sebelum membeli, pastikan Harga Screen Projector terbaru sesuai dengan kebutuhan anda.

Sumber:

https://www.ram.co.id/tukangkonten-com/