Inilah mengapa Huawei P40 memiliki komponen AS meskipun ada larangan

Inilah mengapa Huawei P40 memiliki komponen AS meskipun ada larangan

Inilah mengapa Huawei P40 memiliki komponen AS meskipun ada larangan

 

Inilah mengapa Huawei P40 memiliki komponen AS meskipun ada larangan
Inilah mengapa Huawei P40 memiliki komponen AS meskipun ada larangan

Ingat ketika Amerika secara efektif melarang perusahaan AS menjual ke Huawei ? Ya, ternyata hal itu tidak sesederhana itu, karena sebuah teardown telah mengungkapkan Huawei P40 baru memiliki komponen AS.

Ya, laporan Financial Times menunjukkan bahwa meskipun ponsel P40 Huawei memiliki bagian Amerika lebih sedikit daripada pendahulunya, P30, masih ada beberapa komponen AS di sana.

Tapi ini semua sedikit lebih kompleks daripada kesan pertama yang disarankan.

[Baca: kesan pertama Huawei P40 Pro: Perangkat keras luar biasa dikecewakan oleh perangkat lunak jelek ]

Meskipun Huawei P40 memiliki komponen AS, ada kemungkinan bahwa ini sepenuhnya legal dan berada di bawah ketentuan larangan. Tapi mari kita mundur sedikit dan mendapatkan detail.

Mengapa P40 Huawei memiliki komponen AS yang penting?
Tahun lalu, Trump secara efektif melarang perusahaan AS untuk menjual ke Huawei. Seluruh hikayat ini sedikit berantakan – terutama bagi pengamat biasa – tapi mari kita coba dan rangkum kejadian-kejadiannya.

Itu dimulai dengan AS menempatkan Huawei pada “Daftar Entitas” nya. Ini berarti bahwa perusahaan-perusahaan AS tidak dapat berurusan dengan Huawei, sesuatu yang menyebabkan Google memutuskan hubungan dengan perusahaan dan memblokirnya dari menggunakan layanan Google di ponsel masa depan.

Sekarang, sebagai catatan, Huawei masih dapat menggunakan Android di teleponnya – karena itu perangkat lunak open source – tetapi layanan seperti Gmail, Maps, dan toko aplikasi Google tidak dapat digunakan.

Sejak keputusan awal ini, larangan itu diperpanjang . Dan kemudian diperpanjang lagi, dengan tanggal saat ini duduk pada 15 Mei – perpanjangan keempat. Satu penjelasan untuk ini adalah memberi penyedia telekomunikasi AS waktu untuk mengganti perangkat keras Huawei mereka dengan sesuatu yang berbeda, atau hanya mendapatkan bagian untuk memperbaikinya.

Sejauh ini bagus?

Sekarang, di mana ia mulai menjadi sedikit lebih membingungkan adalah bagaimana perusahaan-perusahaan AS dapat berurusan dengan Huawei. Lisensi sementara yang termasuk dalam larangan memungkinkan perusahaan AS untuk berurusan dengan Huawei untuk produk yang sudah ada . Secara efektif, jika mereka perlu memperbaiki atau memelihara suatu barang.

Tetapi bisnis memerlukan lisensi yang berbeda untuk menjual barang untuk perangkat keras baru – dan dari situlah beberapa kontroversi seputar kisah ini berasal.

Oke, jadi apa saja bagian Amerika di jajaran ponsel P40?
Nah, lihatlah teardown dari Financial Times:

Huawei P40 memiliki komponen AS

Kredit: Financial Times
Ada bagian Amerika kurang dari P30, tetapi mereka masih di sana.
Seperti yang Anda lihat, P40 memiliki komponen AS dari tiga perusahaan: Skyworks, Qorvo, dan Qualcomm. Ini semua ada dalam modul ujung depan RF , yang merupakan bagian dari ponsel yang menempel pada antena dan sangat penting untuk melakukan panggilan.

Berputar kembali ke lisensi, Qualcomm telah menerima pengecualian dari pemerintah AS , tetapi tidak jelas apakah hal yang sama berlaku untuk Skyworks dan Qorvo. Sejauh ini, belum ada konfirmasi tentang cara ini.

Ini jelas merupakan tampilan yang mengerikan untuk Huawei – dan sangat aneh karena teardown dari Mate 30 Pro yang baru dirilis tidak menunjukkan komponen dari Skyworks atau Qorvo.

Apa artinya ini bagi Huawei?
Yah, P40 Huawei yang memiliki komponen AS tidak bagus, meskipun total legal.

Saya menghubungi perusahaan tentang hal ini dan saya sedang menunggu pernyataan yang tepat, tetapi satu hal yang mereka jelaskan adalah mereka tidak akan melanggar aturan AS seperti ini. Saya tidak mengatakan saya mempercayai perusahaan secara implisit, tetapi itu akan menjadi pengawasan yang fenomenal dan menghancurkan bumi jika mereka memasukkan komponen-komponen ini tanpa perusahaan memiliki lisensi yang sesuai.

Tetapi hal-hal aneh telah terjadi.

Bahkan jika semuanya benar-benar di atas papan, ini juga merupakan PR yang mengerikan bagi perusahaan. Saya tidak memihak, tetapi jelas merupakan poin negatif bagi Huawei bahwa ia tidak dapat membangun ponsel andalannya tanpa komponen AS saat ini.

Maka Anda memiliki elemen Amerika ini. Sulit untuk tidak melihat ini sebagai dakwaan kebijakan Trump. Sementara Huawei mungkin tidak dapat membuat andalannya tanpa komponen AS, berapa lama ini akan bertahan? Tahun? Dua? Sulit melihat perusahaan tidak beradaptasi.

Pada akhirnya, semua larangan ini akan dilakukan adalah mengurangi pengaruh Amerika dalam bidang manufaktur ponsel, menghentikan keterlibatan langsungnya dalam beberapa teknologi paling canggih di dunia, dan menciptakan pasar yang lebih terbagi.

Saat ini, tidak ada yang keluar dari ini terlihat bagus.

Pembaruan: Huawei mengirimi kami kutipan ini tentang masalah ini:

“Huawei selalu mematuhi peraturan kontrol ekspor dari berbagai negara, termasuk Amerika Serikat, semua bahan produk diperoleh secara legal dari mitra global kami, dan kami bersikeras bekerja dengan mitra kami untuk menyediakan produk dan layanan berkualitas tinggi kepada konsumen.”

Baca Juga:

Posted on: May 19, 2020, by :