Ciri-Ciri Komunikasi Massa
Posted in: Kesehatan

Ciri-Ciri Komunikasi Massa

Ciri-Ciri Komunikasi Massa

Ciri-Ciri Komunikasi Massa

2.2.1. Komunikasi massa Berlangsung Satu Arah

Berbeda dengan komunikasi antarpersonal yang berlangsung dua arah , komunikasi massa berlangsung satu arah. Ini berarti bahwa tidak terdapat arus balik dari komunikan kepada komunikator. Dengan kata lain wartawan sebagai komunikator tidak mengetahui tanggapan para pembacanya terhadap pesan ataupun yang disiarkannya itu.

Sebagai kosenkuensi dari situasi komunikasi seperti itu, komunikator pada pada komunikasi harus melakukan perencanaan dan persiapan sedemikiannya kepada kmunikan harus komunikatif dalam arti kata dapat diterima secara inderawi dan secra rohani pada satu kali penyiaran.

2.2.2. Komunikator Pada Komunikasi Massa Melembaga

Media massa sebagai saluran komunikasi massa merupakan lembag, yakni suatu institusi atau organisasi. Oleh karena itu, komunikatornya melembaga atau dalam bahasa asing disebut institutionalized communicator atau organized communicator.

Komunikaor pada komunikasi massa, misalnya wartawan surat kabar atau penyiar televise karena media yang dipergunakannya sebagai suatu lembaga dalam myebarluaskan pesan komunikasinya bertindak atas nama lembaga, sejalan dengan kebijaksanaan surat kabar dan stasion televise yang di wakilinya. Ia tidak mempunya kebebasan individual. Ungkapan seperti kebebasan mengemukakan pendapat merupakan kebebasan terbatasi.

2.2.3.Pesan Pada Komunikasi Massa Bersifat Umum

Pesan yang disebarkan melalui media massa bersifat umum karena ditujukan kepada umum dan mengenai kepentinga umum. Jadi tidak ditujukan kepada perseorang pun atau kepada sekelompok tertentu.

Media massa tidak akan menyiarkan satu pesan yang tdak menyangkut kepentingan umum. Media massa aka menyiarkan berita mengenai seorang menteri yang meresmikan sebuah proyek pembangunan, tetapi tidak akan menyiarkan berita seorang menteri yang menyelenggaran kan khitanan anaknya.

2.2.4. Media Komunikasi Massa Menimbulkan Keserempakan

Ciri lain dari media massa adalah kemampuannya untuk menimbulkan keserampakan pada pihak khalayak dalam menerima pesan-pesan yang disebarkan. Hal ini lah merupakan cirri paling hakiki dibandingkan dengan media komunikasi lainnya. Bandingkan misalnya poster atau papan pengumuman dengan radio siaran yang sama-sama merupakan media komunikasi. Poster dan papan pengumuman adalah media komunikasi, tetapi bukan media komunikasi massa sebab tidak mengandug cirri keserempakan, sedangkan radio siaran adalah media komunikasi massa disebabkan oleh cirri keserempakan yang dikandungnya.

 

Sumber :

https://fgth.uk/