Posted in: Pendidikan

Fase Kemunduran II ( 1700 – 1800 M )

Fase Kemunduran II ( 1700 – 1800 M )

Sesudah Sulaiman Al- Qanuni , kerajaan Utsmani tidak lagi mempunyai sultan – sultan kenamaan. Kerajaan ini mulai memasuki fase kemunduranya pada abad ke – 17 M. Pada masa ini , kekutan militer dan politik umat islam menurun. Dagang dan ekonomi umat islam , dengan hilangnya monopoli dagang antara timur dan barat dari tangan mereka jatuh. Ilmu pengetahuan di dunia islam dalam keadaan stagnasi. Tarikat- tarikat diliputi suasana khurafat dan superstisi. Umat isalam dipengaruhi oleh sikap Vatalistis. Dunia islam dalam keadaan mundur dan statis.

Pada masa ini, Eropa dengan kekayaan- kekayaan yang diangkut dari Amerika laba yang timbul dari dagang langsung dengan Timur jauh bertambah kaya dan maju. Penetrasi Barat , yang kekuatanya bertambah besar, ke dunia islam yang di dudukinya , makin lama bertambah mendalam. Akhirnya pada tahun 1798 M, Napoleon menduduki Mesir, sebagai salahsatu pusat islam yang terpenting. Jatuhnya  pusat islam ini ke tangan barat, menginsyafkan dunia islam akan kelemahanya dan menyadarkan umat islam bahwa dibarat telah muncul  peradaban yang lebih tinggi dari pada peradaban islam dan merupakan ancaman  bagi kehidupan islam sendiri.

Peradaban Islam Masa Modern(1800 M)

Periode ini merupakan zaman kebangkitan Islam.  Ekspedisi Napoleon di mesir yang berakhir pada tahun 1801 M, membuka mata dunia islam terutama Turki dan Mesir, akan kemunduran dan kelemahan umat islam di samping kemajuan dan kekuatan barat . Raja dan pemuka – pemuka islam mulai berfikir dan mencari jalan untuk menegembalikan balance of power , yang telah pincang dan membahayakan islam.

Kontak islam dengan barat sekarang berlainan sekali dengan kontak islam barat periodde klasik.  Sekarang islam sedang dalam kegelapan dan barat sedang menaik. Kini islam ingin belajar dari barat.

Dengan demikian timbulah apa yang dimaksud  pemikiran dan aliran pembaharuan atau modernisasi dalam islam.Pemuka – pemuka islam mulai memikirkan bagaimana caranya membuat islam lebih maju. Ide- ide baru yang diperkenalkan Naopleon dimesir adalah : Pertama, sistem negara republik yang kepala negaranya di pilih untuk jangka waktu tertentu, kedua persamaan dan terakhir kebangsaan.

Sejarah Peradaban Islam yaitu kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang di hasilkan dalam satu periode kekuasaan islam mulai dari periode nabi Muhammad Saw sampai perkembangan kekuasaan islam sekarang. Penemuan Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, menemukan bukti bahwa air memiliki kehidupan dan bisa merespon atas rangsangan yang diberikan padanya. Hal ini merupakan bukti dari ayat Al Qur’an, Al Anbiya : 30

Artinya :

Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman?

“Dan ini menunjukkan bahwa Al-Qur’an sebagai sumber sejarah perkembangan islam sebagai ilmu pengetahuan.

Ilmu pengetahuan adalah sumber kejayaan dan kemuliaan sebuah umat. Tanpa memiliki ilmu pengetahuan, maka sebuah umat akan hidup dalam sebuah masa yang dipenuhi kegelapan tanpa ada perkembangan dalam kehidupannya.Bahkan banyak sejarawan barat yang mengakui tentang sejarah peradaban Islam sebagai ilmu pengetahuan.

Sumber: https://carbomark.org/