Fungsi Komunikasi Massa
Posted in: Otomotif

Fungsi Komunikasi Massa

Fungsi Komunikasi Massa

Fungsi Komunikasi Massa

Di muka telah ditegaskan bahwa komunikasi massa disini diartikan komunikasi massa modern dengan media massa sebagai salurannya. Perkembangan masyarakar yang dipacu oleh kemajuan teknologi komunikasi yang semakin caggih menunjukkan pengaruh yang kuat terhadap kemekaran media massa, tetapi di lain pihak secara timbale balik ini menimbulkan dampak yang teramat kuat pula terhadap masyarakat.

Harold D.Laswell, pakar komunikasi terkenal yang namanya pernah disebut dimuka, juga telah menampilkan pendapatnya mengenai fungsi komunikasi itu. Dikatakan nya bahwa proses komunikasi di masyarakat menunjukan 3 fungsi:

  1. a)      Pengamatan terhadap lingkungan, penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat dan bagian-bagian unsure didalam nya.
  2. b)      Korelasi unsure-unsur masyarakat ketika menanggapi lingkungan.
  3. c)      Penyebaran warisan sosial. Disini berperan para pendidik, baik dalam kehidupan rumah tangganya maupun disekolah, yang meneruskan warisan sosial kepada keturunan berikutnya.

Berikut adalah fungsi-fungsi komunikasi massa:

1)      Pengawasan (surveillance)

Dikatakan nya bahwa pengawasan mengacu kepada yang kita kenal sebagai peranan berita dan informai dari media massa. Fungsi pengawasan dapat dibagi menjadi 2 jenis:

  • Pengawasan peringatan, pengawsan jenis ini terjadi jika media menyampaikan informasi kepada kita mengenai ancaman taufan, letusan gunung api, kondisi ekonomi yang mengalami depresi, meningkatnya inflasi atau serangan militer.
  • Pengawasan instrumental, pengawasan ini berkaitan dengan penyebaran informasi yang berguna bagi kehidupan sehari-hari.

2)      Interprestasi ( interpretation)

Yang erat sekali kaitannya dengan fungsi pengawsan adalah fungsi interpretasi. Media massa tidak hanya menyajikan fakta dan data, tetapi juga informasi beserta interpretasi mengenai suatu peristiwa tertentu.

3)      Hubungan ( linkage)

Media massa mampu menghubungakan unsur-unsur yang terdapat di dalam masyarakat yang tidak bisa dilakukan secara langsung oleh saluran perseorangan.

4)      Sosialisasi

Sosialisasi merupakan transmisi nilai-nilai yang mengacu kepada cara-cara dimana seseorang mengadopsi perilaku dan nilai-nilai dari suatu kelompok media massa menyajikan penggambaran masyarakat dan dengan membaca, mendengar, menonton. Maka seseorang memperlajari bagaimana khlayak berprilaku dan nilai-nilai apa yang penting.

5)      Hiburan (intertaiment)

Hiburan memrupakan fungsi media massa. Mengenai hal ini memang jelas tampak pada televisi, film, dan rekamana suara.

Dengan demikianlah fungsi-fungsi komunkasi massa. Jelas kiranya bahwa pernyataan mengenai fungsi komunikasi massa di masyarakat akan sejajar denga pernyataan mengenai bagaimana fungsi media pada taraf individual.

 

Sumber :

https://urbanescapesusa.com/