Posted in: Teknologi

Cara Cek IMEI Samsung Agar Tidak Tertipu Saat Membeli

Di bidang ponsel Android, Samsung adalah merek yang bisa disebut lengkap. Produk yang dikeluarkan nampaknya telah menjangkau berbagai kalangan. Ada ponsel yang harganya berada di kisaran menengah ke bawah, ada juga yang menengah ke atas. Itu semua tergantung kebutuhan penggunanya.

Pada dasarnya itu digunakan untuk mengatasi keduanya murah dan mahal. Preferensi yang berbeda setiap orang didasarkan pada kebutuhan yang berbeda. Beberapa digunakan hanya untuk komunikasi, pekerjaan, hiburan, dan lainnya. Misalnya, untuk kebutuhan fotografi, pengguna umumnya memilih ponsel yang memiliki kualitas kamera yang bagus.

Beberapa orang lebih suka membeli ponsel di negara baru. Namun, ada juga orang yang lebih suka membeli ponsel bekas. Apa pun alasannya, perhatian lebih harus diberikan untuk membeli ponsel bekas karena seringkali tidak dalam kondisi sempurna. Yang harus menjadi perhatian kami adalah IMEI.

Ketika kita ingin membeli ponsel bekas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengecek IMEI ponsel tersebut. Sama seperti ketika kami melamar pekerjaan atau daftar konferensi, hal pertama yang diminta adalah. Karena identitas adalah apa yang akan membedakan manusia, dan untuk telepon identitas itu disebut IMEI.

Definisi IMEI

IMEI adalah kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Bentuknya berupa serangkaian angka unik yang berubah untuk setiap ponsel. Nomor tersebut adalah nomor identifikasi yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM (GSMA) untuk setiap slot kartu GSM yang diproduksi oleh produsen ponsel. Seperti manusia, IMEI adalah NIK untuk ponsel.

Karenanya, IMEI nomor dua tidak akan memiliki ponsel. IMEI dapat menjadi pembeda bahkan jika ponsel adalah merek atau tipe. Seperti manusia, tidak mungkin KTP dimiliki oleh dua orang. Deretan angka sangat berguna untuk mengkonfirmasi dan menjelaskan banyak hal tentang ponsel.

Pentingnya mengetahui IMEI

Sekarang, dikutip dari tabloidtekno.com masih banyak orang yang tidak tahu betapa pentingnya untuk mengetahui IMEI. Jika Anda bertanya kepada orang-orang, apakah Anda tahu IMEI ponsel Anda? Apakah Anda memiliki catatan IMEI yang aman? Kemungkinan besar, itu tidak akan merespons. Untuk itu, mari kita menganalisis pentingnya mengetahui IMEI.

1. Mencegah penipuan
IMEI akan sangat berguna jika Anda ingin membeli ponsel bekas. Anda dapat mencocokkan IMEI di telepon dengan IMEI yang tercetak di kotak. Misalkan IMEI yang tercantum di keduanya sama. Jika berbeda, maka dipastikan kotak itu bukan ponsel aslinya.

2. Memberikan informasi tentang ponsel.
Jika Anda memerlukan informasi tentang ponsel, nomor IMEI akan berguna. Anda dapat mengunjungi situs web IMEI.info dan kemudian memasukkan nomor IMEI dari ponsel yang Anda miliki. Setelah itu, informasi terperinci tentang ponsel akan ditampilkan, termasuk tahun publikasi, produsen dan model ponsel.

Itu. Berguna jika ponsel hilang atau dicuri

IMEI akan sangat berguna jika ponsel Anda hilang atau dicuri. Nomor IMEI dapat digunakan untuk melaporkan kerusakan ke pusat kontak atau pusat layanan. Dari sana, Anda dapat menemukan riwayat perbaikan unit yang dapat digunakan untuk memberikan informasi tentang data pengguna setelah telepon hilang ke sistem.

4. Lacak ponsel ilegal
Baru-baru ini, ada desas-desus bahwa pemerintah akan memblokir ponsel ilegal pada tahun 2020. Karena itu, jika ponsel ilegal, operator akan memblokirnya sehingga perangkat tidak dapat digunakan dengan benar. Penting bagi kita untuk membeli ponsel secara legal, tidak hanya dengan harga murah.

Penyedia dapat ‘mematikan’ ponsel melalui nomor IMEI. Kemudian, telepon seluler curian dan telepon seluler curian tidak dapat digunakan karena IMEI tidak terdaftar resmi atau dilaporkan hilang. Jika itu masalahnya, tidak masalah seberapa bagus menggunakan ponsel.

Dari sini kita tahu bahwa sangat berguna untuk mengetahui nomor IMEI. Rentang angka ini akan memberikan banyak manfaat untuk hal-hal yang berkaitan dengan ponsel kita sendiri. Tidak buruk jika kita membuat analogi IMEI dari ponsel sebagai kartu identitas manusia.

Cara memeriksa Samsung IMEI

Seri Layar Samsung Galaxy S10 Ini adalah perbedaan antara seri Samsung Galaxy A, C, J, M, S dan Note!
Berikut cara menghemat baterai Samsung untuk menghemat baterai ponsel pintar Samsung
Samsung Galaxy Note FE Berikut adalah 10 alasan mengapa ponsel Samsung mahal
Sekarang Anda tahu arti IMEI dan pentingnya mengetahui IMEI, sekarang.

Baca juga: