Posted in: Teknologi

Cara Mengatasi Download Tertunda Google Play Store

Apakah Anda memiliki perangkat Android? Jika demikian, sebenarnya unduh aplikasi dan game dari Google Play Store. Ini wajar karena Google Play Store adalah alat distribusi digital resmi yang tersedia di Android.

Dimungkinkan untuk memperoleh aplikasi dengan cara lain, seperti mencari di Internet untuk berbagai file APK. Namun, metode ini lebih berbahaya daripada fakta bahwa file dapat mengandung virus berbahaya yang dapat membingungkan perangkat Anda.

Selain itu, Google Play Store juga bertindak sebagai penyedia informasi penting untuk aplikasi tersebut. Anda dapat melihat deretan aplikasi terbaik untuk kata kunci spesifik dan langsung melihat ulasan yang disediakan untuk dipertimbangkan oleh pengguna lain.

Tidak hanya itu, dengan bantuan api Anda dapat membuat lasan. Berkat fungsi pembaruan otomatis dari jari kaki yang dibawa oleh Google Play Store, semua game dan aplikasi yang Anda unduh akan selalu dalam versi terbaru.

Tapi, Google Play Store tidak sempurna. Tidak jarang kata “unduhan tertunda” atau “unduhan tertunda” menggunakan bahasa Indonesia untuk membingungkan pengguna karena gangguan dalam proses unduhan.

Masalah ini terjadi setelah menyentuh tombol Instal dan teks di atas menunjukkan proses instalasi. Secara umum, Anda harus menunggu sedikit sampai bilah kemajuan menunjukkan persentase. Tetapi jika Anda buruk, kata “unduhan tertunda” tidak akan hilang, tidak peduli berapa lama Anda menunggu.

Itu membuat frustrasi, bukan? Untungnya, Caris Signal telah menyediakan banyak cara untuk menangani unduhan yang tertunda dengan cepat dan mudah di Play Store.

Mengapa ada gangguan “unduhan tertunda”?

Hal yang mengejutkan adalah sulit untuk memperkirakan kapan penghalang ini akan datang. Terkadang Anda dapat mengunduh dengan mudah, terkadang Anda tidak bisa. Meskipun ini tampaknya terjadi secara acak, Anda harus tahu bahwa ada banyak alasan yang memungkinkan ini terjadi.

1. Koneksi tidak lancar
Koneksi lemah
* Sumber: www.advics.com

Anda pasti membutuhkan internet untuk mengunduh aplikasi dari Google Play Store. Jika internet Anda mudah, proses unduhan kemungkinan akan berjalan dengan lancar.

Jadi, bahkan jika Anda memiliki masalah dengan “unduhan tertunda”, penting untuk memverifikasi bahwa perangkat Android Anda terhubung ke koneksi internet yang aman.

Verifikasi bahwa Anda terhubung ke WiFi sejati, jika Anda masih memiliki kuota, dan bahwa batas akses FUP (Fair Access Policy) telah kedaluwarsa. Anda juga dapat memeriksa status internet Anda ketika mencoba menjelajah. Jika Anda masih mengalami masalah “unduhan tertunda” saat menjelajah dengan mudah, Anda harus mempertimbangkan alasan lain.

2. Ada aplikasi lain untuk diunduh
Aplikasi – Android
* Sumber: www.ojogaptek.com

Saat mengunduh aplikasi dari Google Play Store, tekan tombol install pada aplikasi apa pun. Namun, harap dicatat bahwa proses pengunduhan masih akan dilakukan satu per satu.

Jadi, jika Anda tidak yakin mengapa itu hilang dengan mengetikkan “Unduhan Tertunda”, harap periksa proses unduhan lainnya yang belum selesai.

3. Memori internal tidak cukup
Memori internal
* Sumber: www.techa ancla.co.uk

Setiap aplikasi yang diunduh memiliki elemen seperti gambar atau skrip. Itu sebabnya aplikasi akan berlangsung ketika diinstal. Jika Anda mencoba mengunduh aplikasi dan memori internal penuh, ini mungkin disebabkan oleh gangguan “Download Tertunda”.

Cara mengontrol “unduhan yang tertunda” di Play Store

Setelah mengetahui alasan di atas, Anda mungkin sudah tahu bagaimana cara menghilangkannya. Tetapi, bahkan jika Anda sudah memiliki Internet yang cepat, memori internal yang cukup, dan tidak ada aplikasi yang diunduh, beberapa unduhan tidak dikonversi menjadi “unduhan tertunda.”

Jika masalah ini berlanjut pada Android Anda, tidak perlu putus asa. Cobalah metode berikut untuk menangani “unduhan tertunda” di Google Play Store. Oh, untuk informasi, saat menulis tutorial ini, penulis menggunakan Xiaomi Mi A1 (Android 9). Navigasi mungkin berbeda pada setiap perangkat dan versi Android.

1. Nyalakan dan matikan mode pesawat
Mode datar

Sekalipun Anda menganggap kecepatan menjelajah Anda normal, masalahnya belum tentu dalam koneksi. Terkadang hanya ada gangguan yang terjadi pada koneksi tanpa sepengetahuan Anda. Untuk konfirmasi lebih lanjut, cobalah membangun kembali koneksi Anda sebagai berikut.

Geser ke bawah pada bilah notifikasi untuk membuka pengaturan cepat
Secara umum, akan ada opsi menu mode pesawat. Ketuk sekali untuk mengaktifkan mode.
Pastikan jaringan seluler dan WiFi dinonaktifkan. Setelah itu, ketuk sekali lagi pada menu mode pesawat untuk melanjutkan.
Jaringan seluler akan restart. Jika Anda menggunakan WiFi, sambungkan kembali perangkat dengan nama WiFi aktif.
Cobalah untuk membatalkan unduhan di Play Store dan ketuk tombol lagi

Baca juga: