Posted in: Kesehatan

Metode Tradisional Natural

Metode Tradisional Natural

  1. Metode Alami(Natural Method)

Metode alami (Natural Method) disebut demikian karena dalam proses belajar, siswa dibawa ke alam seperti halnya pelajaran bahasa ibu sendiri. Dalam pelaksanaannya, metode ini tidak jauh berbeda dengan metode langsung (direct) dimana guru menyajikan materi pelajaran langsung dalam bahasa asing tanpa diterjemahkan sedikitpun, kecuali dalam hal-hal tertentu dimana kamus dan bahasa anak didik digunakan.

Ciri-ciri metode ini antara lain:

  1. Pelajaran mula-mula diberikan melalui menyimak/mendengarkan kemudian percakapan, membaca menulis dan terakhir gramatika.
  2. Pelajaran disajikan mula-mula memperkenalkan kata-kata yang sederhana yang telah diketahui anak didik, kemudian mempraktekkan benda-benda.
  3. Alat peraga dan kamus yang dapat digunakan sewaktu-waktu saat diperlukan.
  4. Kemampuan dan kelancaran membaca dan bercakap-cakap sangat diutamakan dalam metode ini maka pelajaran gramatikal (tata bahasa) kurang diperhatikan.

Keunggulan metode alami antara lain:

  1. Setiap individu siswa dibawa ke dalam suasana lingkungan sesungguhnya untuk aktif mendengarkan dan menggunakan percakapan dalam bahasa asing.
  2. Pengajaran membaca dan bercakap-cakap dalam bahasa asing sangat diutamakan, sedangkan pelajaran gramatikal diajarkan sewaktu-waktu saja.
  3. Pengajaran menjadi bermakna dan mudah diserap siswa, karena setiap kata dan kalimat yang diajarkan memiliki konteks (hubungan) dengan dunia (kehidupan sehari-hari) siswa atau anak didik.

Kelemahan metode alami antara lain:

 

Recent Posts