Sumber daya alam
Posted in: Pendidikan

Sumber daya alam

Sumber daya alam

Sumber daya alam

Sumber daya alam merupakan  segala sesuatu yang muncul secara alami yang dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan manusia pada umumnya. Yang tergolong sumber daya alam tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti air, tanah,  minyak bumi, dan yang lainnya. Sumber daya alam mutlak diperlukan untuk menunjang kebutuhan manusia.

Tetapi adanya kemajuan teknologi dan peradaban serta populasi manusia sekarang ini,  mengarahkan manusia kepada era eksploitasi sumber daya alam sehingga persediaannya terus berkurang secara signifikan. Padahal sumber daya alam mempunyai regenerasi dan asimilasi yang terbatas. Selama eksploitasi atau penggunaannya di bawah batas daya regenerasi atau asimilasi, maka sumber daya terbaharui dapat digunakan secara lestari. Akan tetapi apabila batas itu dilampaui, sumber daya akan mengalami kerusakan dan fungsinya sebagai faktor produksi dan konsumsi atau sarana pelayanan akan mengalami gangguan.

Oleh karena itu manusia perlu mengenal jenis sumberdaya alam, sehingga penggunaannya dapat dimanfaatkan dengan baik.

Untuk mempermudah pemahaman dalam materi ini, saya akan membaginya ke dalam 3 sub bab yaitu :

  1. Pengertian Sumber daya Alam

Alam merupakan komponen-komponen yang bekerja secara teratur sebagai suatu kesatuan. terdiri atas unsur biotik (manusia, hewan, dan tumbuhan) dan abiotik (udara, air, tanah, iklim dan lainnya). Sedangkan yang dimaksud dengan “sumber daya” menurut arti katanya adalah bahan atau keadaan yg dapat digunakan manusia untuk memenuhi keperluan hidupnya. Sehingga yang dimaksud dengan sumber daya alam adalah alam dengan segala isinya yang diperlukan untuk mendukung kehidupan manusia demi kelangsungan hidupnya. Ada 3 kunci disana yaitu :

  1. Alam dengan segala isinya
  2. Yang diperlukan
  3. Kelangsungan hidup manusia.

Jadi segala yang ada di alam baik itu berupa komponen biotik ataupun abiotik merupakan sumber daya alam yang memiliki peranan dalam pemenuhan kebutuhan manusia.  Sumber daya alam dan kehidupan manusia tidak bisa dipisahkan. Sumber daya alam tersebut diperlukan manusia selain untuk melestarikan hidupnya juga untuk mensejahterakan hidupnya.


Baca Juga :