LINGKUNGAN  INFORMASI DAN TEKNOLOGI
Posted in: Otomotif

LINGKUNGAN  INFORMASI DAN TEKNOLOGI

3. LINGKUNGAN  INFORMASI DAN TEKNOLOGILINGKUNGAN  INFORMASI DAN TEKNOLOGI

Lingkungan teknologi merupakan salah satu faktor yang paling dramatis dalam mempengaruhi perubahan lingkungan internasional.

Berbagai teknologi telah, sedang, dan akan terus berkembang, diantaranya dalam bidang bioteknologi, teknologi komputer, teknologi informasi dan komunikasi, trasportrasi, rabiotika, dan seterusnya.

Perubahan paradigma yang mempengaruhi perubahan era informasi dan konfergensi industru yang memanfaatkan teknologi digital membuka peluang besar bagi pemasar internasional untuk memasuki pasar global secara lebih cepat.

Berdasarkan aplikasi dan difusi teknologi dan sumberdaya kunci di negara-negara maju dalam perekonomian internasional, Freeman & Perez(1998) mengidentifikasi 5 siklus yang disebut “ Techno economi paradigma’’ sbb ;

  1. Early mechanization (1770an-1880an),
  2. Steam power and railway (180an-1890an),
  3. Electrical and heavy engineering 91880an-1940-an),
  4. Fordist mas production (1930an-1990an),
  5. Information and communication (1930an- 2040an).

      Menurut Freeman & Perez (1988), setiap paradigma memiliki siklus waktu sekitar 60-70 tahun, dengan selang waktu 10 tahun untuk masa perkembangan masing-masing paradigma baru. Pola semacam ini ditandai dengan periode transisi, dimana terjadi krisis struktural dan penyesuainan dan perekonomian internasional. Sumberdaya dan infrastruktur pada masing-masing paradigma berbeda-beda.

Contohnya, tahap Early mechanization ditandai dengan sumberdaya utama berupa kapas dan ifrastrukturnya adalah water power/canals.

      Tahap steam power and railway menekankan pentingnya batu bara dan transportasi kereta api ( sumberdaya teknologi ) dan jaringan kereta api,sistem pos, dan kapal ( inflastruktur ). Tahap electrical engineering ditunjang oleh kebutuhsn akan baja ( sumberdaya ) dan jaringan listrik serta sistem perbankan, ( Inflastruktur utama ).

Tahap Fordist Mass Production diwarnai dengan kebutuhan akan energi (terutama minyak) dan ketersediaan jaringan haigways, motorways, telepon, dan penerbangan (inflastruktur ), sedangkan tahap information and comunication bercirikan kebutuhan akan microprosesor sebagai sumberdaya utama dan inflatruktur dan informasi global (seperti Internet).

      Lebih lanjut, freeman & Perez (1988) menegaskan bahwa difusi tecnogi utama dan sumberdaya yang berkaitan dengan masing-masing paradigma tecnho-ekonomic mengubah pasar internasional secara radikal,baik pada level negara industri makro, maupun level bisnis dan individual mickro, meliputi;

  • Berkembangnya industri-industri baru berdasarkan teknologi dan sumberdaya kunci.
  • Solusi efektif bagi kebebasan paradigma tekno ekonomik sebelumnya
  • Inflastruktur baru pada level nasional dan internasional.
  • Sejumlah negara mendapatkan posisi kepemimpinan dalam hal tecnologi dan ekonomi berdasarkan penerapan teknologi.
  • Perubahan radikal dalm bentuk-bentuk organisasi berkaitan dengan kemunculan prusahan-perusahan dalam industri baru
  • Sistim pelatihan dan pendidikan baru.
  • Berkembangnya jasa-jasa baru yang terkait dengan paradigma tekno ekonomik
  • Munculnya paradigma wirausahawan inofativ baru.

 

Sumber :

https://superforex.co.id/bos-microsoft-sambangi-kantor-pusat-xiaomi-di-beijing/