Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit
Posted in: Umum

Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit

Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah SakitPerkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit

Baik cabut gigi, atau pun tambal gigi umumnya dilakukan oleh dokter gigi, baik dokter gigi yang praktek dirumah, di klinik, puskesmas atau pun di rumah sakit. Untuk harga tambal gigi bervariasi, biasanya tergantung dari tingkat kesulitan dalam pengerjaannya, atau pun bahan yang digunakan untuk menambal. Sedangkan untuk biaya cabut gigi, biasanya ada kisaran harganya, tergantung dari alamat praktek (kalau di kota besar biasanya ada selisih harga dibanding ketika mencabut gigi di desa atau pun kota kecil). Nah bila Anda Bertanya Berapa Biaya Cabut Gigi di Puskesmas atau Dokter Gigi? yuk simak jawabannya dibawah ini.

1. Biaya Cabut Gigi dan Tambal Gigi di Puskesmas

Tentu Anda sudah tahu apa itu puskesmas, pusat kesehatan masyarakat, sesuai namanya di tempat ini menyediakan fasilitas kesehatan untuk masyarakat, dan biayanya juga bisa dibilang sangat murah, bahkan bisa gratis dengan syarat-syarat tertentu (biasanya berlaku untuk warga tidak mampu).

Ketika Anda hendak cabut gigi di puskesmas atau pun menambal gigi yang bolong, entah gigi geraham, gigi depan atau pun gigi yang lainnya, biasanya dokter gigi di puskesmas akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu, lalu memberitahu tingkat kesulitan,

bahan yang di butuhkan dan lama pengerjaannya, saat seperti ini, Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter puskesmas, dan minta bahan yang bagus untuk menambal.

Biaya cabut gigi di puskesmas mulai dari Rp. 13.000,- sangat terjangkau sekali, terlebih bila melihat manfaat yang didapat, gigi sakit karena rusak hingga harus di cabut, ketika sudah di cabut biasanya rasa sakit gigi akan hilang, dan sembuh, namun tidak ada salahnya Anda juga memperhatikan hal-hal penting sebelum dan sesudah mencabut gigi.
Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit
Illustrasi Gambar Dokter Gigi sedang Memeriksa Pasiennya

Sedangkan biaya untuk tambal gigi di puskesmas di patok mulai dari Rp. 15.000,- biasanya di lihat dari jenis bahan yang digunakan untuk menambal gigi, bila Anda menambal ada baiknya mintalah pada dokter gigi di puskesmas supaya memberikan bahan yang baik, supaya tambalan awet. Harga diatas adalah perkiraan harga cabut gigi dan tambal gigi di puskesmas di wilayah Jabodetabek. Untuk wilayah yang lain biasanya juga tidak terpaut jauh.

2. Biaya Cabut Gigi dan Tambal Gigi di Dokter Gigi
Berbeda dengan cabut gigi di Puskesmas, biaya untuk cabut gigi di dokter gigi tentu memiliki harga yang lebih tinggi. Dokter gigi yang dimaksud disini adalah dokter gigi yang membuka tempat praktek sendiri, bisa di rumahnya, atau klinik gigi miliknya. Umumnya dokter gigi yang membuka praktek sendiri mematok harga tambal gigi atau pun cabut gigi sesuai tingkat kesulitan, dan bahan-bahan yang digunakan.

Biaya cabut gigi dan tambal gigi di dokter gigi berkisar antara Rp. 120.000,- hingga Rp. 450.000,- nah bila Anda mengujungi dokter dan ingin menambal atau mencabut gigi tidak ada salahnya konsultasikan terlebih dahulu, seberapa lama waktu pengerjaannya, dan bahan-bahan yang sesuai dengan budget Anda.

Biasanya untuk tambal gigi permanen harganya lebih tinggi dari tambal gigi biasa. Namun tidak semua gigi berlubang bisa langsung di pasang tambal gigi permanen, bila gigi sedang sakit, biasanya dokter gigi akan memberikan tambalan gigi sementara (untuk 1 minggu), lalu di hari yang ditentukan (seminggu kemudian), baru dilakukan penambalan gigi permanen.

Nah bila Anda mengalami sakit gigi dan hendak mencabut gigi ke dokter gigi, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter gigi Anda, apakah gigi Anda harus benar-benar di cabut, atau bisa menggunakan cara lain untuk mengatasi sakit gigi Anda. Bila memang harus dicabut ada baiknya Anda memperhatikan Resiko dan Bahaya Mencabut Gigi, itu sebabnya kami sangat menyarankan Anda supaya mengkonsultasikannya ke ahlinya (dokter gigi).
Perkiraan Biaya Cabut Gigi di Puskesmas, Tambal Gigi di Dokter Gigi dan Rumah Sakit
Illustrasi Gambar Cabut Gigi di Rumah Sakit, Dokter Gigi bersama Perawat Memeriksa Pasien
3. Biaya Tambal Gigi dan Cabut Gigi di Rumah Sakit
Sakit gigi umumnya terjadi karena kondisi gigi yang rusak, bisa karena gigi berlubang, karena benturan dengan benda keras, karena kurangnya menjaga kebersihan gigi dan juga sebab-sebab lainnya. Selain pipi terlihat lebih tembem, biasanya pada bagian gusi bengkak juga, dan rasanya nyeri dan cenut-cenut.

 

Recent Posts