BUDIDAYA JAHE MERAH DI POT
Posted in: Umum

BUDIDAYA JAHE MERAH DI POT

BUDIDAYA JAHE MERAH DI POTBUDIDAYA JAHE MERAH DI POT

Tanaman jahe adalah jenis tanaman rempah dan tanaman obat ,tanaman ini mudah di budidayakan secar luas ( di areal kebun / sawah ) maupun dilahan terbatas seperti dalam polybag atau pot. Untuk para pecinta tanaman / yang mempunyai hobi bertanam bisa menanam jahe merah di tempat terbatas. Berikut ini saya sampaikan cara menanam / budidaya jahe merah di pot / polybag.

Persiapan bibit jahe merah

Pengadaan bibit jahe merah dengan cara membeli bibit jahe merah yang siap tanam ( lebih praktis ) atau membuat sendiri dengan menyemaikannya. Untuk menyemaikannya sendiri berikut siapkan rimpang jahe yang sehat dan bagus dari tanaman induk yang sehat, kemudian jemur beberapa hari dan diamkan selama 1-1 ,5 bulan

Selanjutnya untuk persemaiannya ambil rimpang jahe kemudian patahkan menjadi beberapa bagaian ,lalu ambil wadah dan isi dengan air bersih dan masukkan rimpang jahe kedalam wadah yang berisi air dan diamkan sampai 3- 4 minggu jahe akan bertunas.

Penanaman jahe merah di pot/ polybag

Siapkan pot atau polybag kemudian isi dengan tanah yang bercampur dengan bokashi perbandingannya 1: 1, kemudian tambahkan obat anti hama pada polybag / pot yang telah berisi polybag dan siram secara merata .selanjutnya ambil rimpang jahe merah potong tunas dan akar yang terlalu panjang kemudian benamkan bibit jahe merah kedalam tanah dan tutup kembali dengan bokashi merata selanjutnya siram dengan air.

Perawatan tanaman jahe merah

Penyiraman untuk tanaman baru dilakukan minimal 1 kali sehari ,lebih baik 2 kali sehari pagi dan sore.

Pembersihan rumput dilakukan setiap 1 minggu sekali atau bila rumput liar telah tumbuh.

Penimbunan tanah dilakukan 1 minggu sekali bila pangkal batang kelihatan agar pertumbuhan tanaman jahe merah dapat optimal.

Pemupukan tanaman jahe dilakukan 2- 3 kali , gunakan pupuk organik ,atau pupuk cair atau bila pertumbuhannya kurang maksimal tambahkan sedikit Urea + ZA (Fertilizer ) , lalu dilakukan penyiraman.

Pemanenan tanaman jahe merah

Panen tanaman jahe merah dapat dilakukan mulai umur 8- 9 bulan, ciri fisik tanaman jahe merah yang siap di panen antara lain:

� Daun bawah sudah banyak yang mengering

� Tanah bagaian batang merekah tanda rimpang jahe merah sudah penuh.

Cara penen cukup mudah dengan dicabut batangnya kemudian dikumpulkan dan di keringkan .

Demikian tentang cara menanam / budidaya jahe merah dalam pot/ polybag. Semoga bermanfaat.

 

 

Sumber: https://obatpenggemukbadan.id/google-pecat-karyawan-penyebar-memo-anti-keberagaman/