HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI
Posted in: Umum

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADIHAMA DAN PENYAKIT TANAMAN PADI

Jenis hama yang sering menyerang tanaman padi antara lain:

1. Ulat penggerek batang

Ulat penggerek berasal dari telur larva yang diletakkan dianakan padi kemudian setelah menetas masuk kedalam batang memakan batang pada tanaman padi yang masih muda dan lunak, ulat ini memotong batang padi bagain dalam sehingga tanaman akan terlihat kering. Umur tanaman yang diserang bervariasi dari tanaman umur 15 – 60 hst keatas.

Cara pengendalianya : apabila pada sore hari terlihat banyak kaper / larva di tanaman padi ,segera lakukan penyemprotan dengan menggunakan insektida kontak dan sistemik sebelum bertelur dan menetas pada batang padi. Insektisida yang di gunakan berbahan aktif Klorantraniliprol (Prevathon 50 sc , Virtako 300 sc ) + Metomil ( lannate 20 wp yang hijau)

2. Ulat daun

Ulat daun menyerang tanaman padi pada tanaman usia muda bahkan saat dipersemaian , ulat daun memakan daun padi sampai tinggal tulang daunnya ,serangan yang hebat terjadi pada tanaman padi musim kemarau.
Cara pengendaliannya : semprot menggunakan insektisida berbahan aktif Beta siflutrin ( Buldog 25 ec , Napir plus 150 ec ,Sumo 50 ec )

3. Walang hijau

Hama walang hijau menyerang daun dan batang yang muda pada tanaman padi dan juga anakkan padi sehingga padi tidak berkembang ,hama ini biasanya merajalela saat tanama padi gadhu atau padi ke -2.

Cara penaggulangannya : semprot menggunakan insektisida berbahan aktif sipermetrin ( Rizotin 100 EC , Genius 100EC , Basma 200EC )

4. Walang sangit

Hama walang sangit menyerang bakal bulir padi yang masih berbentuk cairan atau saat masak susu dengan cara menghisap nya sehingga buah / bulir padi akan berwarna kehitaman bahkan kosong .

Cara penanggulanganya : semprot dengan inektisida berbahan aktif Profenopos ( Biocron 500 CE ,cammacron 500 EC , Curracron 500 EC)

5. Wereng coklat

Hama wereng coklat biasanya menyerang tanaman padi pada batang tanaman dengan menghisap cairan ,sehingga tanaman terlihat seperti terbakar atau puso dan mati , hama wereng coklat juga menularkan jenis penyakit lain.

Cara penanggulangannya: gunakan insektisida sistemik berbahan aktif
Profenopos ( Biocron 500 CE ,cammacron 500 EC , Curracron 500 EC) + Dimehipo ( Spontan 400 SL, Kempo 400SL )

6. Lembing hijau / kepik hijau

Hama lembing hijau menyerang tunas padi dan bulir padi yang masih muda ,hama ini tidak menyebabkan tanaman mati, tetapi tanaman menjadi kerdil ,tidak tumbuh karena menyerap cairan buah padi muda dan tunas daun ,padi yang dihasikan akan cacat berwarna gelap dan mudah pecah bila di lakukan penggilingan.
Cara penanggulangannya gunakan insektisida berbahan aktif Tiametoksan ( Aktara 25 wg ) + Abamectin ( demolish 80 )

 

Recent Posts