Posted in: Pendidikan, Umum

Pengerian Budaya Menurut Para Ahli dan Ciri-ciri

Kebudayaan sebagai cara hidup yang dikembangkan dan dimiliki oleh sekelompok orang, dan diwariskan secara turun-temurun. Budaya itu beragam dan kompleks, termasuk sistem agama dan politik, bahasa, adat istiadat, bangunan, peralatan, pakaian, dan karya seni.

Bahasa, sekaligus budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari kemanusiaan yang harus diwarisi oleh gen. Jika seseorang mencoba untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berbeda, dan budaya yang berbeda, itu membuktikan bahwa budaya belajar.

Budaya adalah gaya hidup holistik. budaya juga khas, abstrak, dan luas. Banyak aspek budaya membantu menentukan tindakan komunikatif. Tanpa penyebaran sosial budaya, dan banyak aktivitas sosial manusia.

Pengakuan Budaya Oleh Para Ahli

Ada beberapa makna budaya menurut para ahli, antara lain:

E.B Taylor dalam Soekanto (1996: 55)
Memberikan definisi lain tentang budaya: “budaya adalah suatu kompleks yang mengetahui tentang keyakinan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat”.

Selo Soemardjan dan Soelaeman Somardi dalam Soekanto (1996: 55)
Ringkasan “budaya adalah semua karya, cita rasa, dan penemuan masyarakat.

Koentjaraningrat
Dari arti aslinya adalah “colere” dan kemudian “budaya” diartikan sebagai segala kekuatan dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam (Koentjaraningrat dalam Soekanto, 1969: 55).

Linton
Kebudayaan adalah sikap dan pola tingkah laku dan ilmu yang merupakan kebiasaan yang diwarisi & dimiliki oleh anggota masyarakat.

BBI
Budaya adalah pemikiran, kebiasaan atau umum. Secara gramatika pengertian budaya bersumber dari kata-kata budaya yang berbeda yang mengacu pada cara berpikir masyarakat.

Lihat juga Artikel Terkait: Arti Tradisi

Effat Al-Syarqawi
Menentukan makna setiap kebudayaan dari sudut pandang Islam, merupakan khazanah sejarah sekelompok orang dengan berbagi kesaksian dan berbagai nilai nggarisake yang waktu itu harus memiliki makna dan tujuan spiritual.

Karakteristik Budaya

Ada beberapa ciri budaya, antara lain:

  • Seperti budaya sendiri yang ada di daerah dan diteliti
  • Dapatkah Anda mewarisi kepada setiap orang dan setiap kelompok dan mewarisi dari setiap generasi
  • Ini dinamis, artinya sistem berubah sepanjang waktu
  • Bersikap selektif, itu berarti menunjukkan pola perilaku pengalaman manusia sampai batas tertentu
    Tidak memiliki budaya terkait
  • Etnosentris berarti memperlakukan budaya sendiri sebagai budaya terbaik atau budaya lain sebagai budaya standar.

Sumber: https://blog.malavida.co.id