Posted in: Pendidikan, Umum

Perbedaan FIFO dan LIFO dalam Akuntansi

Pengelolaan perusahaan atau usaha kecil dalam bentuk toko / retail memerlukan strategi yang sistematis dalam pengelolaan stok / barang. Manajemen stok membutuhkan ketelitian untuk mengetahui durasi atau daya tahan suatu produk. Produk yang disimpan dalam waktu lama dan kadaluwarsa maka produk tersebut akan rusak dan tidak dapat lagi digunakan yang merugikan perusahaan dan konsumen. Pencatatan atau inventarisasi dari dua sistem pencatatan, yaitu sistem periodik dan sistem perpetual.

Penerapan kedua sistem dalam suatu perusahaan belum tentu sama karena penggunaan kedua sistem tersebut dilakukan berdasarkan jenis usaha yang dilakukan oleh satu perusahaan. Catatan transaksi terkait juga harus menentukan biaya kata kunci yang masuk dan keluar. Cara menentukan biaya menggunakan metode LIFO dan FIFO yang sering digunakan perusahaan sesuai perkembangan akuntansi. Perbedaan antara FIFO dan LIFO adalah prinsip akuntansi dasar berikut.

1. Definisi FIFO dan LIFO

Sebuah. Definisi FIFO

FIFO (First In First Out) adalah metode bersyarat, yaitu item entri pertama akan dijual / diterbitkan sebelumnya, item entri terakhir akan dijual / diterbitkan kemudian. Entri yang direkam pertama adalah catatan dari item pertama yang diketik. Nilai investasi yang ditampilkan dalam berbagai jenis pelaporan keuangan dengan metode FIFO didasarkan pada angka harga terbaru.

b. Definisi LIFO

LIFO (Last In First Out) adalah metode dengan ketentuan yaitu item terakhir yang diketik akan dipublikasikan atau dijual sebelumnya, item pertama akan diterbitkan atau dijual kemudian. Entri pertama adalah catatan item / item terakhir. Penggunaan metode LIFO dirancang untuk memudahkan proses pengorganisasian barang dalam hal pemasukan dan pengumpulan barang persiapan.

2. Contoh Aplikasi FIFO dan LIFO

a. Contoh Aplikasi FIFO

Metode LIFO biasanya diterapkan pada pakaian. Toko kaos biasa memproduksi pakaian dengan tren model terbaru yang akhirnya datang. Jika toko pakaian yang masuk lebih dulu, maka pakaian terakhir yang masuk akan kehilangan kereta karena tren model baju terbaru akan muncul kembali.

b. Contoh Aplikasi LIFO

Metode FIFO berlaku untuk kios, mini market, super market. Mereka menjual atau memproduksi produk pertama, sedangkan produk terakhir akan disimpan di gudang untuk kemudian dirilis.

Sumber: https://blog.malavida.co.id