Posted in: Uncategorized

Pengertian Pengendalian Pencemaran Udara

Pengertian Pengendalian Pencemaran UdaraPengertian Pengendalian Pencemaran Udara

Pengendalian pencemaran udara adalah setiap usaha atau kegiatan dari sumber bergerak, sumber tiddak bergerak dan kegiatan lainnya selalu menghasilkan pollutan maka wajib melakukan pengendalian pencemaran udara, agar kualitas udara ambien dan mutu udara emisi, tingkat kebisingan, getaran dan kebauan sesuai dengan baku mutu tetap memenuhi kesehatan.

Pencemaran dapat terjadi dimana-mana. Bila pencemaran tersebut terjadi di dalam rumah, di ruang-ruang sekolah ataupun di ruang-ruang perkantoran maka disebut sebagai pencemaran dalam ruang (indoor pollution). Sedangkan bila pencemarannya terjadi di lingkungan rumah, perkotaan, bahkan regional maka disebut sebagai pencemaran di luar ruang (outdoor pollution).

Pengendalian adalah segala macam upaya baik secara  administrasi dan teknik untuk pencegahan dan upaya penanggulangan pencemaran udara serta pemulihan kualitas udara.

Ruang lingkup pengendalian pencemaran udara yaitu :

  1. Pencegahan adalah setiap bentuk upaya yang dilakukan sebelum terjadinya dampak pencemaran udara.
  2. Penanggulangan adalah semua upaya yang dilakukan setelah terjadi dampak pencemaran udara agar dampak yang ditimbulkan dapat diminimalisir.
  3. Pemulihan adalah upaya yang dilakukan setelah terjadinya dampak, sehingga diharapkan tidak akan lebih buruk dampaknya.

Sumber :

https://kisahsejarah.id/