Posted in: Kesehatan

Apikoektomi: Apa yang Perlu Diketahui Sebelum dan Sesudah

Apikoektomi adalah prosedur bedah kecil langsung yang dilakukan pada anak-anak dan orang dewasa sebagai cara untuk menyelamatkan gigi yang berisiko dan mencegah komplikasi yang berpotensi serius.

Apikoektomi juga dikenal sebagai operasi ujung akar. Ini karena ini melibatkan pencabutan ujung akar gigi dan jaringan di sekitarnya. Ini juga disebut operasi apikal, yang mengacu pada “puncak”, atau ujung gigi.

Jika dokter gigi Anda memberi tahu Anda bahwa Anda memerlukan apikoektomi, itu mungkin karena meskipun gigi Anda telah memiliki saluran akar, masih terdapat sisa peradangan atau infeksi di dekat ujung akar yang mencapai tulang rahang Anda.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang apikoektomi, prosedur itu sendiri, serta manfaat dan kekurangannya.

Apa itu apikoektomi?

Apikoektomi dapat dilakukan oleh dokter gigi, meskipun seringkali ditangani oleh ahli endodontik. Ini adalah jenis dokter gigi yang memiliki spesialisasi dalam perawatan saluran akar.

Mengapa itu digunakan
Prosedur ini biasanya direkomendasikan jika perawatan saluran akar standar telah dilakukan pada gigi tetapi tidak cukup untuk menyelamatkan gigi dan mencegah komplikasi lebih lanjut.

Jika terdapat masalah anatomi dengan ujung akar, seperti salah satu akar berjejal ke dalam ruang akar di sebelahnya, apikoektomi dapat membantu mencegah masalah yang dapat memengaruhi banyak gigi di kemudian hari.

Jika dokter gigi Anda merekomendasikan apikoektomi, itu karena tidak ada alternatif nyata kecuali pencabutan seluruh gigi Anda. Jika demikian, Anda memerlukan implan, jembatan, atau gigi palsu sebagian yang dapat dilepas agar gigi di sekitarnya tidak bergeser.

Apakah itu menyakitkan?

Apikoektomi bisa lebih invasif daripada operasi saluran akar biasa, yang berarti waktu pemulihan biasanya lebih menyakitkan. Pasien akan menerima anestesi lokal selama apikoektomi untuk membantu mencegah rasa sakit.

Ketidaknyamanan ringan dan bengkak normal setelah prosedur. Sebuah studi tahun 2008 menemukan bahwa nyeri pasca operasi biasanya menurun terus selama beberapa hari pertama, dengan lebih dari sepertiga pasien yang diteliti memilih untuk tidak minum obat penghilang rasa sakit.

Para pasien yang meminum obat setelah apikoektomi menemukan kelegaan yang memadai dari pereda nyeri yang dijual bebas.

Seperti apa prosedurnya?

Berikut adalah rincian prosedur itu sendiri:

  • Sebelum pekerjaan apa pun selesai, Anda akan diberi anestesi lokal untuk membuat area di sekitar gigi yang sakit mati rasa.
  • Selama prosedur, dokter gigi atau ahli endodontik memotong gusi Anda dan mendorong jaringan gusi ke samping untuk mencapai akarnya. Biasanya hanya beberapa milimeter dari akar yang diangkat, seperti halnya jaringan terinfeksi yang mengelilingi akar.
  • Setelah ujung akar dicabut, saluran akar di dalam gigi dibersihkan dan ditutup dengan tambalan kecil untuk mencegah infeksi di kemudian hari. Dokter gigi atau endodontis Anda kemudian dapat melakukan rontgen lagi untuk memastikan gigi dan rahang Anda terlihat baik dan tidak ada ruang di mana infeksi baru dapat terjadi.
  • Jaringan tersebut kemudian akan dijahit (dijahit), sehingga gusi Anda bisa sembuh dan tumbuh kembali pada tempatnya. Tulang rahang Anda juga pada akhirnya akan sembuh di sekitar tambalan di ujung akar. Anda tidak akan merasakan banyak, jika ada, rasa sakit atau ketidaknyamanan selama prosedur.
  • Apikoektomi biasanya memakan waktu 30 hingga 90 menit. Lokasi gigi dan kerumitan struktur akar dapat memengaruhi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan operasi.

Baca juga: