Posted in: Teknologi, Umum

Apa itu Mode Potret di Kamera Ponsel

Kemungkinan besar Anda akan menggunakan ponsel cerdas Anda untuk mengambil gambar dan merekam video. Ada fitur yang relatif baru yang oleh banyak ponsel cerdas disebut mode potret, dan bila digunakan dengan benar, Anda dapat meningkatkan permainan fotografer Anda. Namun, Anda mungkin tidak mengetahui apa itu mode potret atau bagaimana mode itu digunakan. Jadi, apa sebenarnya mode potret itu? Pertanyaan bagus.

Mari kita lihat mode potret sebagai upaya untuk memisahkan istilah pemasaran dari fakta. Selain itu, kami membuat daftar smartphone stasioner untuk membuat keputusan pembelian yang tepat.

Ayo mulai!

Apa itu mode potret?

Mode potret digunakan untuk menggambarkan efek bokeh buatan (BOH-kay) buatan smartphone. Bokeh adalah efek fotografis di mana subjek gambar tetap fokus sementara latar belakang tidak terfokus. Anda dapat menggunakan mode potret untuk membuat foto dinamis yang lebih profesional untuk menciptakan efek bokeh.

Bertahun-tahun yang lalu, jika Anda ingin mengambil foto berkualitas profesional, Anda membutuhkan kamera DSLR atau analog. Saat ini, bahkan smartphone jarak jauh dapat memberikan hasil yang luar biasa.

PILIH EDITOR
Ponsel Kamera Android Terbaik yang Bisa Anda Dapatkan (November 2020)
Namun demikian, salah satu batasan historis terbesar dari fotografi ponsel cerdas adalah kemampuannya untuk mensimulasikan kedalaman menggunakan bokeh. Tanpa panjang fokus yang panjang, sensor, dan kontrol fokus yang besar, bahkan ponsel mewah tidak dapat menghasilkan efek latar belakang yang buram.

Namun, kemajuan terbaru dalam fotografi komputer – serta pengenalan kamera smartphone lensa ganda – telah menghadirkan bokeh buatan ke ponsel. Sebagian besar produsen ponsel pintar menyebut efek ini sebagai mode potret dalam materi pemasaran mereka. Selain itu, siapkan aplikasi kamera yang membuat sebagian besar bokeh disebut “Mode Potret” atau hanya “Potret”.

Contoh mode potret

Anda tahu apa yang mereka katakan: gambar bernilai ribuan kata. Dengan ini, mari kita lihat beberapa foto yang menggunakan mode potret untuk menghasilkan efek bokeh. Di bawah ini adalah galeri foto yang diambil dengan berbagai smartphone, masing-masing menggunakan pengaturan mode potret.

Saat menelusuri foto, perhatikan latar belakang:

Kamera Google Pixel 2
Google Pixel 2

OnePlus 6 Portrait Mode Camera Overview

Dengan mode Potret, tema foto Anda menonjol. Karena latar belakangnya kabur, mata Anda secara alami tertarik ke bagian gambar yang tidak diburamkan. Jika digunakan dengan benar, ini bisa menjadi teknik yang ampuh.

PILIH EDITOR
Ponsel terbaik dengan dua kamera depan (September 2019)
Namun, gambaran di atas tidaklah “nyata”. Efek bokeh tidak hanya diciptakan oleh lensa (atau lensa) smartphone Anda. Sebaliknya, prosesor smartphone, perangkat lunak, dan perangkat keras kamera bergabung untuk menerapkan efek bokeh pada gambar non-bokeh.

Baca juga: