Posted in: Kesehatan

Berapa Banyak Air Yang Harus Anda Minum Per Hari?

Tubuh Anda terdiri dari 60 persen air.

Tubuh terus kehilangan air sepanjang hari, terutama melalui buang air kecil dan berkeringat, tetapi juga dari fungsi tubuh yang normal seperti bernapas. Anda perlu mendapat banyak air dari minuman dan makanan setiap hari untuk menghindari dehidrasi.

Ada banyak pendapat tentang berapa banyak air yang diminum setiap hari.

Pakar kesehatan biasanya merekomendasikan delapan cangkir 8 ons, yaitu sekitar 2 galon atau setengah galon sehari. Ini disebut aturan 8 × 8 dan sangat mudah diingat.

Namun, beberapa ahli percaya bahwa Anda harus terus menghirup air sepanjang hari, meski Anda tidak haus.

Seperti kebanyakan hal, ini adalah tugas individu. Banyak faktor (internal dan eksternal) yang pada akhirnya mempengaruhi jumlah air yang dibutuhkan.

Artikel ini membahas sejumlah studi asupan air untuk memisahkan fakta dari fiksi dan menjelaskan cara tetap terhidrasi dengan baik sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda.

Berapa banyak air yang Anda butuhkan?

Stocksy
Berapa banyak air yang Anda butuhkan tergantung pada banyak hal dan berbeda dari orang ke orang. Untuk orang dewasa, rekomendasi umum dari Akademi Sains, Teknologi, dan Kedokteran Nasional A.S. adalah tentang:

Untuk wanita, 11,5 cangkir (2,7 liter) sehari
15,5 cangkir (3,7 liter) untuk pria
Ini termasuk minuman berbahan dasar air, minuman seperti teh dan jus, dan makanan. Anda mendapatkan rata-rata 20 persen air Anda dari makanan yang Anda makan (1, 2).

Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air daripada yang lain. Berapa banyak air yang Anda butuhkan juga tergantung pada:

  • Dimana kamu tinggal. Anda membutuhkan lebih banyak air di tempat yang panas, lembab, atau kering. Anda juga akan membutuhkan lebih banyak air jika Anda tinggal di pegunungan atau dataran tinggi (3).
  • Diet. Jika Anda minum banyak kopi dan minuman berkafein lainnya, Anda mungkin kehilangan lebih banyak air dengan lebih banyak urine. Anda mungkin perlu minum lebih banyak air jika makanan Anda termasuk makanan asin, pedas atau manis. Alternatifnya, Anda membutuhkan lebih banyak air jika Anda tidak makan banyak makanan kaya air seperti buah dan sayuran segar atau matang.
  • Suhu atau musim. Karena berkeringat, Anda mungkin membutuhkan lebih banyak air di bulan-bulan hangat daripada di bulan-bulan yang lebih dingin.
  • Lingkungan Anda. Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dalam suhu cerah atau panas, atau di ruangan berpemanas, Anda mungkin merasa lebih haus.
  • Seberapa aktif Anda. Jika Anda aktif atau berjalan atau banyak berdiri di siang hari, Anda membutuhkan lebih banyak air daripada orang yang duduk di meja. Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas berat, Anda mungkin perlu minum lebih banyak untuk mengatasi kehilangan air.
  • Kesehatanmu. Jika Anda mengalami infeksi atau demam, atau jika Anda kehilangan cairan karena muntah atau diare, Anda harus minum lebih banyak air. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan seperti diabetes, Anda membutuhkan lebih banyak air. Beberapa obat, seperti diuretik, juga dapat menyebabkan kehilangan air.
  • Hamil atau menyusui. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, Anda harus minum lebih banyak air agar tetap terhidrasi. Tubuh Anda bekerja untuk dua (atau lebih).

RINGKASAN
Sejumlah faktor mempengaruhi jumlah air yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan, seperti kesehatan, aktivitas, dan lingkungan.

Apakah asupan air mempengaruhi tingkat energi dan fungsi otak?

Banyak orang menyatakan bahwa jika Anda tidak tetap terhidrasi sepanjang hari, tingkat energi dan fungsi otak Anda akan mulai menurun.

Beberapa penelitian mendukung hal ini.

Sebuah penelitian dengan seorang wanita menunjukkan bahwa kehilangan cairan 1,36 persen setelah olahraga mengganggu suasana hati dan konsentrasi serta meningkatkan frekuensi sakit kepala (4).

Studi Cina lain yang mengikuti 12 pria di perguruan tinggi menemukan bahwa minum selama 36 jam tidak berpengaruh signifikan pada kelelahan, perhatian dan konsentrasi, laju reaksi, dan memori jangka pendek (5).

Dehidrasi ringan pun dapat menurunkan kinerja fisik. Sebuah studi klinis pada pria yang lebih tua dan lebih sehat melaporkan bahwa kehilangan hanya 1% air tubuh mengurangi kekuatan otot, daya tahan, dan daya tahan mereka (6).

Kehilangan 1 persen berat badan Anda tidak terasa banyak, tetapi Anda memang kehilangan banyak air. Ini biasanya terjadi ketika Anda banyak berkeringat atau berada di ruangan yang sangat hangat dan tidak minum cukup air.

Baca juga: